ilustrasi ibadah puasa
ilustrasi ibadah puasa

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dua pekan kedepan, umat Islam di seluruh dunia bakal menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Namun, tahukah Anda, bahwa puasa itu tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja.

Puasa itu ada tiga tingkatan dalam menjalankannya yaitu, puasa awam, puasa khusus dan puasa khusus dari khusus. Adapun puasa awam adalah menahan perut dan kemaluan dari pelaksanaan syahwat.

Adapun puasa khusus adalah menahan pendengaran, penglihatan, lidah, tangan, kaki, dan seluruh anggota tubuh dari berbagai dosa. Sedangkan puasa khusus dari khusus adalah puasa hati dari keinginan keinginan rendah dan pikiran-pikiran duniawi serta menahan nya dari segala sesuatu selain Allah Azza wa Jalla.

Pahala puasa sungguh-sungguh melampaui batas penilaian dan penghitungan titik dan, cukuplah bagimu untuk mengetahui keutamaannya dengan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma misik.”

“Allah Azza wa Jalla berfirman, “Sesungguhnya ia meninggalkan syahwatnya, makannya, dan minumnya karena Aku. Karena itu, puasa adalah milik-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya.”

Orang yang berpuasa juga dijanjikan akan bertemu dengan Allah ta’ala sebagai balasan puasanya. Rasulullah bersabda, “Orang yang berpuasa akan memperoleh dua kesenangan: kesenangan ketika berbuka dan satu kesenangan ketika ia bertemu dengan Tuhannya.”

Imam Al Ghazali dalam Saripati Ihya Ulumiddin mengatakan pahala orang yang berpuasa akan dilimpahkan semuanya tanpa ditakar-takar sehingga pahalanya tidak dapat diperkirakan dan tidak dapat dihitung nilainya. Pantaslah demikian, karena puasa benar-benar untuk Allah dan memuliakan Allah.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here