Wajib Tahu, Ini Kiat Ampuh Membiasakan Diri untuk Membaca Buku

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat ini membiasakan diri untuk membaca buku di era digital semakin sulit. Adanya distraksi dari kemajuan teknologi seperti media sosial hingga media sosial membuat aktivitas membaca buku semakin terlupakan.

Padahal, aktivitas tersebut memiliki banyak manfaat dan salah satunya yaitu bisa menjauhkan dari media sosial dan mengurangi kecemasan. Maka, sebaiknya mulai saat ini mulai membiasakan diri untuk membaca. Terdapat beberapa cara untuk merealisasikannya.

Pertama, yaitu dengan mulai mengikuti akun di media sosial yang secara teratur memposting tentang buku, penerbit buku atau penulis. Jika sudah mengikuti akun tersebut maka informasi tentang buku-buku baru bisa menjadi motivasi.

Kedua, yakni dengan mengupayakan untuk ‘menghabiskan’ buku yang disukai. Secara garis besar, tidak perlu membaca topik-topik yang terlalu berat. Caranya bisa dengan mengingat kembali penulis yang tulisannya mudah dicerna atau lebih ringan.

Ketiga, yaitu kebiasaan untuk berkunjung ke perpusatakaan bisa menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca. Mengingat, aktivitas meminjam buku di perpustakaan bisa sangat bermanfaat ketika sedang berhemat.

Keempat, yaitu bisa dengan membuat list atau jadwal tentang buku apa yang akan dibaca pada jangka waktu mingguan atau bulanan. Hal ini bertujuan supaya bisa mengetahui buku mana yang sudah dibaca dan yang belum. Cara ini dinilai bisa membuat diri semakin termotivasi.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini