berbahaya tidur dengan lampu menyala
berbahaya tidur dengan lampu menyala

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk menunjang kesehatan dan energi agar bisa kembali beraktivitas esok harinya.

Waktu terbaik untuk tidur 7 hingga 8 jam sehari, dan terutama adalah mematikan lampu kamar agar lebih nyaman.

Karena, kalau tidak dimatikan paparan cahaya dari lampu kamar sebelum tidur bisa mengganggu produksi hormone melatonin yang merangsang rasa kantuk, lho. Saat produksi hormon melatonin berkurang, maka kamu akan sulit untuk tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

Selain itu, terbiasa tidur dengan lampu menyala juga bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan. Berikut di antaranya!

  1. Mengganggu kesehatan reproduksi

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang terbiasa dengan lampu menyala saat tidur, siklus kesehatan reproduksinya menjadi lebih mudah terganggu. Riset yang diterbitkan jurnal Epidemiologi juga menyatakan hal yang serupa.

Sebanyak 71.077 wanita yang diteliti dalam riset tersebut menunjukkan hasil bahwa wanita yang mendapatkan paparan cahaya berlebihan di malam hari menunjukkan gangguan siklus menstruasi.

  1. Kelelahan

Lampu menyala saat tidur juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kelelahan saat bangun di keesokan harinya. Paparan cahaya sebelum atau selama waktu tidur akan membuat seseorang kesusahan tidur karena otak tidak cukup memproduksi melatonin yang merangsang tidur.

Cahaya yang menyala selama tidur membuat otak terus bekerja, mengganggu kualitas tidur dan siklus tidur. Akibatnya kamu akan merasa lelah keesokan harinya meskipun sudah tidur lebih dari 7 jam.

  1. Depresi

Tidak hanya menyebabkan kelelahan, lampu menyala saat tidur juga dapat mengganggu kesehatan mental, Ladies. Cahaya lampu saat tidur dapat memengaruhi suasana hati dan perasaan yang berakhir pada depresi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry membuktikan bahwa cahaya di malam hari meskipun intensitasnya redup, tetap akan meningkatkan perubahan fisiologis yang mengarah pada depresi.

Hal ini juga dapat membuatmu kurang tidur. Umumnya kurang tidur dapat membuat perasaan jadi lebih sensitif, mudah sedih, marah, dan tersinggung.

  1. Melemahkan imunitas tubuh

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lampu yang menyala saat tidur dapat menyebabkan orang sulit dan kurang tidur. Padahal tidur yang cukup memegang peranan penting dalam menjaga sistem imunitas manusia.

Tubuh manusia melepaskan protein sitokin saat tidur, sebuah protein yang dibutuhkan untuk menangkal infeksi atau peradangan. Bahkan dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here