Wajib Tahu! Ini Cara Menghindari Diri dari Godaan Korupsi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Maraknya kasus korupsi di Indonesia belakangan ini sangat memprihatinkan. Apalagi, tindakan keji itu dilakukan di masa pandemi seperti saat ini yang mana banyak orang sedang kesulitan.

Belum lama ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meringkus Menteri Sosial, Juliari Batubara dan Menteri KKP, Edhy Prabowo atas kasus korupsi yang mereka lakukan. Tak tanggung-tanggung, pundi-pundi yang mereka raup mencapai miliaran Rupiah.

Berdasarkan kasus-kasus tersebut, kamu harus tahu bahwa tak hanya pejabat negara yang bisa melakukan tindakan keji itu. Kamu pun bisa terjerumus ke dalamnya lho!

Ada banyak godaan yang bisa menimpamu untuk melakukan tindakan korupsi. Bisa jadi saat kamu bekerja, menaungi organisasi dan sebagainya.

Untuk itu, kamu perlu memperkuat iman agar tindakan tersebut tak sampai menggelapkan matamu. Tak hanya itu, kamu juga perlu usaha dan melakukan beberapa hal berikut ini agar dirimu bisa terhindar dari godaan korupsi.

1. Sering Berdoa

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah sering berdoa pada Tuhan. Mendekatkan diri kepada Tuhan dan taat dengan segala aturannya adalah salah satu hal dasar yang harus kamu lakukan agar bisa terhindar dari godaan korupsi.

Mintalah kepada-Nya agar imanmu diperkuat dan tak mudah tergoda dengan uang dan harta yang bukan milikmu. Dengan sering berdoa dan meminta pertolongan pada-Nya, kamu akan lebih kuat untuk menghindari godaan untuk melakukan korupsi.

2. Kontrol Gaya Hidup

Sering kali alasan seseorang melakukan korupsi karena tuntuan gaya hidup yang harus dipenuhi. Maka, kamu harus menyesuaikan dan mengontrol gaya hidupmu.

Selalu tanamkan dalam dirimu bahwa belilah barang-barang yang kamu butuhkan, bukan yang inginkan. Pasalnya, jika menuruti keinginan dan hawa nafsu, hal tersebut tak akan ada habisnya. Bahkan, kamu bisa melakukan dan menghalalkan segala cara jika kamu tak mengatur gaya hidupnya.

3. Ingat Tujuan Awalmu

Jika kamu berada di sebuah perusahaan atau organisasi, ingatlah tujuan awalmu. Yakinkan bahwa tujuanmu berada di lingkungan tersebut untuk menjalin hubungan baik dengan banyak individu, mengasah kemampuan dan pengalaman, dan membangun kepercayaan antara dirimu dan orang lain.

Maka, jika terbesit godaan untuk melakukan korupsi, ingatlah bahwa akan ada banyak orang yang kecewa padamu. Dirimu akan sangat malu dan sulit mendapatkan kepercayaan lagi dari orang lain.

4. Ingat Dosa dan Akhirat

Cara terakhir dan dirasa ampuh untuk meghindarimu dari godaan korupsi ialah mengingat dosa dan akhirat. Sejatinya, dunia hanyalah tempat sementara dan habiskanlah sisa waktumu untuk selalu berbuat baik. Salah satunya menghindari korupsi.

Bayangkan, akan ada banyak orang yang dirugikan jika uang ataupun harta yang bukan milikmu kamu rampas begitu saja. Tentu dosanya sangat besar dan Tuhan sangat membencinya. Jadi, kuatkan imanmu serta selalu ingat dosa dan akhirat agar kamu tak terjerumus dari tindakan korupsi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini