Wajib Tahu, Ini Alasan Masker Wajib Digunakan dan Bisa Tangkal Virus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di tengah situasi pandemi Covid-19, masker sangat efektif untuk menangkal virus. Padahal, bahannya hanya kain namun efektivitasnya sangat baik untuk mencegah penularan virus.

Menurut Healthline, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk penggunaan masker sebagai upaya untuk mencegah penularan pandemic Covid-19.

Hal ini tidak lepas juga dari pernyataan Direktur CDC Dr Robert Redfield. Ia menegaskan bahwa penutup wajah dari kain merupakan senjata ampuh untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran virus.

Meski ada yang merasa tidak nyaman jika menggunakan masker, namun masker efektif menangkal virus. Profesor kedokteran di divisi pulmonary and critical care di Universitas Michigan, dr MeiLan Han menegaskan bahwa udara yang hinggap di mulut atau hidung orag terdekat bisa terhirup ke paru-paru dan seseorang bisa tertular virus.

Inilah fungsi masker, yaitu sebagai penghalang fisik yang bisa menangkap udara dan mencegah penularan virus. Dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) edisi 14 Juli 2020, memang menegaskan bahwa penggunaan masker yang tepat dan efektif adalah pada masa pandemi.

Sementara dalam penelitian berjudul Association Between Universal Masking in a Health Care System and SARS-CoV-2 Positivity Among Health Care Workers, pemakaian masker dalam rumah sakit khususnya di Boston bisa mengurangi penularan SARS-CoV-2.

Terbukti dari kebijakan masker dilakukan. Proporsi petugas perawatan kesehatan bergejala yang dites positif Covid-19 terus menurun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini