Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Jadwal yang padat dan lalu lintas yang macet membuat pola makan Anda kacau. Bahkan tak jarang untuk sarapan urung dilakukan. Padahal, banyak manfaat sarapan pagi yang bisa membantu seseorang lebih produktif bekerja.

Bagi orang dewasa, mereka sering melewatkan sarapan. Sarapan dianggap hal sepele, karena kebiasaan mereka menyantap makan siang dan makan malam. Berdasarkan Breakfast in Human Nutrition: The International Breakfast Research Initiative menyebutkan bahwa sarapan membantu seseorang dalam memenuhi nutrisi yang optimal. Jika nutrisi terpenuhi, maka ia akan mendapatkan manfaat sarapan pagi untuk kesehatannya. Apa saja manfaatnya?

  1. Lebih Produktif

Manfaat sarapan pagi adalah memberikan dorongan energi. Sehingga Anda memiliki kekuatan untuk bekerja dan lebih produktif menjalani aktivitas. Anda juga tidak merasa pusing ketika pagi hari harus mendatangi meeting.

  1. Memberikan Nutrisi Penting

Sarapan akan memberikan Anda nutrisi penting bagi tubuh. Namun perlu diingat, pilih menu sarapan pagi yang sehat. Agar tubuh mendapatkan nutrisi baik. Caranya dengan membuat menu sarapan pagi simple dan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, yaitu segelas air mineral atau susu almond dan satu pisang, salad buah, atau sandwich.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sehingga efeknya konsentrasi meningkat, lebih fokus pada pekerjaan, dan membantu kemampuan mengingat. Jika Anda memiliki anak, berikan sarapan sehat nan lezat sebelum berangkat sekolah.

  1. Menurunkan Risiko Kardiometabolik

Penyakit kardiometabolik antara lain diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan lainnya merupakan “hantu” bagi semua orang. Tak ada orang yang menginginkan penyakit tersebut. Untuk mencegah atau menurunkan risiko kardiometabolik bisa dilakukan dengan menyantap sarapan pagi.

  1. Mengontrol Berat Badan

Bisakah sarapan pagi untuk diet? Bisa. salah satu manfaat sarapan pagi lainnya adalah mengontrol berat badan. Ketika Anda kenyang dengan sarapan, tidak akan merasa lapar ketika bekerja, tidak ngemil kudapan tinggi gula dan garam, atau makan siang dengan porsi besar yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah atau menambah berat badan karena merasa sangat lapar.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini