Ilustrasi olahraga (pixabay)
MATA INDONESIA, JAKARTA – Biasanya, usai berolahraga orang akan terduduk lemas karena energi-energi yang terkuras saat aktif bergerak. Hal tersebut membuat kamu jadi terduduk lemas pasca melakukan olahraga.
Padahal setelah olahraga, penting untuk kamu melakukan pemulihan setelah otot-otot tubuhmu sudah aktif bergerak selama beberapa waktu.
Menurut Katelyn DiGiorgio, direktur pelatihan Pure Barre, latihan berat dan kurang istirahat akan membatasi peningkatan kebugaran dan merusak upaya untuk bugar. Sebaiknya beri tubuh waktu untuk pulih sehingga tujuan bisa tercapai dengan maksimal.
Nah, biar gak salah kaprah, nih simak hal-hal yang harus kamu lakukan selepas aktivitas olahraga untuk memulihkan tubuhmu.
1. Peregangan
Saat mulai berolahraga kamu diharuskan melakukan pemanasan. Begitu pula saat mengakhirinya. Kamu perlu melakukan perenggangan untuk melemaskan otot-ototmu yang tegang.
Gak cuma untuk melemaskan otot-otot, peregangan atau pendinginan juga membantu untuk menurunkan detak jantung dan menenangkan system saraf. Disarankan untuk melakukan peregangan dengan menahan tiap gerakan selama setidaknya 10 detik. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pendinginan usai berolahraga ya.
2. Minum
Saat berolahraga, tubuh jadi kehilangan banyak cairan. Tubuh dengan sendirinya mencari air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Oleh sebab itu, usai berolahraga, kita dianjurkan untuk minum air yang cukup. Sebab, air akan membantu tubuh menjalankan metabolism untuk mengembalikan lagi energi yang terkuras pasca berolahraga.
Para ahli menyarankan agar kita minum air putih setelah berolahraga maksimal selama 30 menit. Para ahli pun menyarankan, jika kamu berolahraga lebih dari 45 menit, minumlah air kepala untuk menggantu cairan tubuh yang hilang.
3. Konsumsi Protein
Gak cuma minum air yang cukup, mengkonsumsi makanan kaya protein juga perlu kamu lakukan usai berolahraga. Sediakan waktu sekitar 20-30 menit untuk makan sehingga bisa memaksimalkan proses pemulihan, membantu otot yang bengkak dan membuat performa kamu jadi lebih baik.
Jika kamu berolahraga pada malam hari, disarankan untuk mengonsumsi protein dari biji-bijian, seperti gandung dan oat. Lalu, jika kamu berolahraga di malam hari, kamu bisa mengonsumsi ayam, ikan, daging dan tahu.
4. Meditasi
Gak ada salahnya kok untuk kamu melakukan meditasi saat selesai berolahraga. Hal ini berguna untuk merilekskan kembali otot-otot tubuhmu yang tegang saat bergerak aktif.
Kamu bisa melakukan meditasi dengan duduk santai dsambil bersandar. Tarik nafas dalam-dalam dan buat tubuhmu serileks mungkin. Jadi, gak cuma otot-otot dan syarafmu saja yang gak tegang, pikiranmu juga jadi lebih tenang dan jauh dari stress.
5. Mandi
Terakhir, hal yang perlu kamu lakukan saat berolahraga ialah mandi. Setelah kamu mengistirahatkan tubuhmu beberapa saat, mandilah dengan air hangat selama 3-4 menit kemudian bilas dengan air dingin selama 1 menit.
Dikutip dari sumber, air hangat akan mendorong pembuluh darah untuk diperluas sedangkan air dingin membuatnya mengecil kembali. Dengan demikian, hal tersebut bisa mempercepat aliran darah ke seluruh tubuh.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here