Wajib Tahu, Ini 5 Cara Tingkatkan Metabolisme Tubuh untuk Diet

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Metabolisme yang tinggi penting untuk menurunkan berat badan, maka jika memiliki niat untuk diet sebaiknya ada upaya untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin tinggi proses metabolism maka semakin cepat kalori terbakar. Proses pembakaran ini membantu menurunkan berat badan, namun sebaliknya jika metabolisme menurun bisa memengaruhi tubuh untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan metabolisme bukan perkara yang sulit, mengingat hanya diperlukan lima upaya untuk merealisasikan hal tersebut. Pertama, dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein seperti dada ayam, kacang atau telur. Makanan yang tinggi protein ini bisa mempercepat metabolisme sebesar 15-30 persen.

Kedua, dengan minum air putih. Namun, minum air dingin dinilai bisa membuat perut cepat kenyang dan tubuh bisa membakar banyak kalori. Menurut Healthline, minum air setengah jam sebelum makan bisa membantu sehingga makan menjadi lebih sedikit. Hal ini berfungsi untuk mengontrol berat badan.

Ketiga, yaitu dengan melakukan latihan intensitas tinggi. Aktivitas ini dianjurkan untuk diet karena bisa mempercepat pembakaran kalori. Selain itu, efeknya bisa lebih besar jika dilakukan secara rutin. Adapun, beberapa latihan dengan intensitas tinggi meliputi lari, push-up, squat, plank, dan wall-sit.

Keempat, dengan melakukan latihan angkat beban. Akitivitas ini bisa membakar kalori dan berguna untuk membangun otot tubuh.

Terakhir, yaitu dengan memperbanyak kegiatan fisik supaya proses pembakaran dapat terjadi. Maka, sangat tidak dianjurkan terlalu lama duduk karena minimnya kegiatan fisik bisa memperlambat proses metabolisme.

Kegiatan yang bisa dilakukan yakni dengan berjalan kaki, membersihkan rumah, bersepeda atau melakukan naik dan turun tangga.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini