Wajib Tahu! Hindari 5 Asupan Ini Bisa Sebabkan Otak Lemot

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Otak merupakan organ penting yang ada di tubuh kita. Jika organ itu rusak, maka seluurh fungsi organ lainnya ditubuh kita dipastikan bermasalah.

Nah, untuk itu perlu kesehatan otak perlu dijaga dengan asupan makanan yang di makan setiap harinya. Karena makanan yang sering dimakan tidak hanya berdampak pada tubuh. Ternyata otak juga bisa terkena efeknya, bahkan bisa merusaknya.

Untuk menghindari hal ini, dikutip dari Welcome Organic, 5 asupan ini bisa bikin kesehatan otak kamu bermasalah.

  1. Lemak trans

Meskipun tidak semua lemak buruk untuk kesehatan, tapi lemak trans justru memiliki efek yang bisa merugikan otak kamu. Lemak trans ini lebih sering ditemukan secara alami di dalam produk hewani seperti margarin, makanan cepat saji yang dipanggang, keripik, kerupuk, makanan beku, makanan kaleng, dan minuman krimer.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mengkonsumsi asupan yang tinggi lemak trans bisa menyebabkan penurunan kognitif, membuat volume otak lebih rendah, dan kemampuan mengingat yang buruk.

  1. Minuman manis

Berbagai minuman manis seperti soda, minuman berenergi, bahkan jus buah mengandung nilai gizi yang sedikit. Namun, jika rutin mengkonsumsinya dapat menyebabkan berbagai gangguan fisik, termasuk diabetes 2, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, bahkan alzheimer atau demensia.

  1. Makanan kemasan dan olahan instan

Nutrisi penting dari makanan kemasan atau olahan instan yang cepat saji ternyata malah tergantikan dengan gula, garam, dan lemak. Dengan banyak mengkonsumsi asupan seperti ini malah membuat lemak akan menumpuk di sekitar organ vital.

  1. Makanan laut yang terkontaminasi merkuri

Makanan laut terutama ikan, umumnya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ikan terkenal akan rendah lemak jenuh, namun mengandung asam lemak omega-3 serta vitamin B12, seng, zat besi dan magnesium.

Namun, beberapa makanan laut ini justru mengandung merkuri tinggi, yaitu kontaminasi logam berat dan racun neurologis yang disimpan dalam waktu lama. Beberapa asupan itu seperti ikan mackerel, tuna, dan kerang, terutama kerang hijau. Hal ini dapat mengganggu kinerja dan neurotransmiter otak kamu.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini