Ilustrasi tidur (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak orang tidur tidak terjadwal atau tidak sesuai dengan yang seharusnya. Padahal, waktu tidur yang ideal sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Pasalnya, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan, mulai dari menjaga berat badan yang ideal, mendukung tumbuh kembang pada anak, hingga menurunkan stres.

Meski waktu tidur ideal memberi banyak manfaat untuk kesehatan, terkadang masih ada sebagian orang yang tidak menerapkannya. Mereka beralasan harus begadang untuk menyelesaikan tugas atau aktivitas kantor.

Sehingga,  muncul stres yang membuat tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena dampaknya bisa merugikan kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimana durasi tidur yang sesuai dengan usia? dr. Jefry Tribowo dalam channel YouTube pribadinya mengatakan, ada masyarakat yang menyebutkan tidur cukup 5 jam saja. Padahal hal tersebut adalah mitos.

Atau ada juga yang bilang ‘kaum rebahan’ itu pemalas dan tidak sehat karena kebanyakan waktunya digunakan untuk tidur. Itu pun juga mitos belaka.

Tidur adalah suplemen yang mahal bagi tubuh kita karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut penelitian National Sleep Foundation, anak-anak perlu tidur sembilan hingga 11 jam per hari, sedangkan orang dewasa perlu waktu tidur tujuh hingga sembilan jam per hari.

Mengapa diperlukan waktu sebanyak itu untuk tidur? Karena ketika bangun, kita masuk di fase yang namanya resepsi.

Fase ini merupakan fase dimana kita menerima berbagai informasi dari aktivitas yang dilakukan. Kemudian saat tertidur, kita ada 2 stadium. Yang pertama dinamakan stadium Non REM dan yang kedua disebut stadium REM.

Saat memasuki tidur stadium Non REM, maka kita masuk ke fase yang namanya refleksi. Di fase ini akan menyimpan memori yang didapatkan saat beraktivitas dan dipindahkan ke memori jangka panjang agar dapat mengingatnya.

Saat masuk ke tidur stadium REM, maka kita masuk ke fase yang dinamakan integrasi. Pada fase ini akan menghubungkan memori-memori yang tadi dengan pengalaman di masa lampau. Sehingga kita memiliki kemampuan inovasi dan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan lebih baik.

Dalam kanal YouTube AYO HIDUP SEHAT, terdapat waktu tidur yang ideal menurut usia, yakni sebagai berikut:

1. Pada masa Neonatus yaitu usia 0 hingga 1 bulan, dibutuhkan waktu tidur 14 – 18 jam per hari.

2. Pada masa bayi usia 1 bulan sampai 18 bulan, membutuhkan waktu tidur sebanyak 12 – 14 jam per hari.

3. Pada masa anak usia 18 bulan hingga 3 tahun, diperlukan waktu tidur 11 – 12 jam per hari.

4. Masa pra-sekolah yaitu usia 3 tahun hingga 6 tahun, dibutuhkan waktu tidur 11 jam per hari.

5. Pada masa sekolah yaitu usia 6 hingga 12 tahun, diperlukan waktu tidur sebanyak 10 jam per hari.

6. Masa remaja usia 12 sampai 18 tahun, waktu tidur dibutuhkan sebanyak 8,5 jam per hari.

7. Masa dewasa usia 18 hingga 40 tahun, diperlukan waktu tidur 7 jam per hari.

8. Pada masa paruh baya yaitu usia 40 sampai 60 tahun, dibutuhkan waktu tidur sebanyak 7 jam per hari.

9. Pada masa dewasa tua usia 60 tahun ke atas, diperlukan waktu tidur 6 jam per hari.

Namun, waktu tidur tidak hanya ditentukan berdasarkan usia seseorang saja tapi juga oleh beberapa faktor lainnya. Seperti faktor daya tahan fisik, kesehatan, serta aktivitas mental. Sehingga meskipun usia seseorang sama, waktu tidur ideal yang dibutuhkan belum tentu sama karena faktor-faktor yang lain ikut memberi pengaruh.

Reporter: Ananda Sri Maulida

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here