Wajib Tahu Gaes, Ini Bahayanya Pakai Jas Hujan Ponco saat Berkendara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki musim hujan, ada beberapa peralatan yang harus disiapkan agar kamu gak basah kuyup di jalan. Mulai dari payung, pelindung tas hingga jas hujan.

Jas hujan tentu menjadi keharusan apalagi jika kamu bepergian menggunakan sepeda motor. Barang tersebut harus senantiasa ada di tas dan bagasi motormu ya. Namun, usahakan jangan asal memilih jas hujan.

Saat hujan tiba-tiba turun, kamu tentu akan segera berhenti dari kendaraanmu untuk memakai jas hujan. Namun, bagi yang belum menyiapkannya, jas hujan ponco menjadi pilihan yang mudah dan cepat.

Meski murah dan mudah ditemukan, jas hujan ponco ternyata tak aman untuk kamu gunakan saat hujan lho gaes! Sebab, jas hujan ini memiliki risiko tinggi membuat celaka penggunanya, khususnya saat digunakan berkendara.

Masih penasaran risiko apa saja yang mengintaimu jika masih memutuskan pakai jas hujan ponco? Yuk simak bahayanya!

1. Tersangkut di Rantai Motor

Karena fisiknya yang panjang di bagian bawah, jas hujan ponco berpotensi tersangkut di rantai atau jari-jari motor. Hal itu tentu bisa membahayakanmu dan pengendara lain lho!

Kalau tersangkut, jas hujan bisa membuat badan pengendara terjatuh, apalagi jika kamu berkendara dengan kecepatan penuh. Saat kamu terjatuh, tentu bisa membuat konsentrasi pengendara lain jadi terganggu dan bisa saja mereka ikut oleng. Bahaya banget, kan?

2. Perlindungannya Tak Maksimal

Berbeda dengan jas hujan stelan, ponco justru memiliki daya perlindungan yang kurang. Badanmu tetap basah terkena air hujan jika kamu memakai jas hujan ini.

Dengan demikian, tasmu atau barang-barang lainnya yang hendak kamu lindungi akan tetap terkena air hujan. Hal ini disebabkan bentuk jas hujan ponco yang longgar dan tidak pas dengan bentuk tubuhmu. Jadi bahaya untuk gadget kamu, kan?

3. Menutupi Lampu Belakang Motor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jas hujan ponco memiliki bentuk yag longgar. Hal itu bisa menyebabkan terbang-terbangan saat tertiup angin.

Saat jas hujan tersebut terkena angin, ia akan melebar bahkan bisa menutupi lampu belakang atau sen motormu. Dengan begitu, pengendara lain jadi tak mengetahui kamu mau belok ke mana. Nah, kalau sudah begini, bisa membahayakanmu dan pengendara lain deh.

4. Membuat Pengendara Kehilangan Keseimbangan

Satu lagi bahaya yang perlu kamu tahu saat menggunakan jas hujan ponco ialah membuat pengendara motor kehilangan keseimbangan. Kembali lagi, hal itu disebabkan dari ukuran jas hujannya yang terlalu longgar dan membesar saat terkena angin.

Saat ponconya membesar, pengendara akan sulit mengendalikan keseimbangan lantaran kondisi jas hujan yang berat. Hal itu bisa menyebabkan pengendara oleng dan terjatuh, apalagi kondisi jalanan saat hujan sangat licin.

Maka, pilihlah jas hujan yang tepat dan berkualitas ya. Lebih baik kamu mengeluarkan uang lebih banyak untuk perlindungan ketimbang harus membayar rumah sakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini