Wajib Tahu, Berikut 6 Jenis Kanker Langka di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Bams Samson dikabarkan mengidap kanker yang sangat langka. Beberapa mungkin sudah mendengar jenis-jenis kanker yang ada di dunia. Tapi, bagaimana dengan jenis kanker lain yang terbilang langka?

Ada lebih dari 100 jenis kanker di dunia dan ada sekitar 60 jenis kanker yang sangat jarang dijumpai. Dari jumlah itu, beberapa diantaranya diklasifikasi sebagai kanker langka. Kanker langka dapat diidentifikasi sebagai kanker dengan kejadian kurang dari enam per 100 ribu orang per tahun. Apa saja ya kanker langka itu?

  1. Kanker Kepala dan Leher

Kanker yang dikenal sebagai kanker kepala dan leher ini biasanya mulai menyerang di  sel skuamosa yang melapisi permukaan mukosa di dalam  kepala dan leher (misalnya mulut, hidung, dan tenggorokan ). Kanker kepala dan leher dapat dikategorikan berdasarkan daerah di mana mereka bermula, misalnya pada rongga mulut, laring, faring, sinus paranasal, rongga hidung, dan kelenjar ludah.

  1. Sarkoma

Sarkoma muncul di jaringan ikat tubuh yaitu lemak, pembuluh darah, saraf, tulang, otot, jaringan kulit dalam, dan tulang rawan. Jenis kanker ini dibagi menjadi sarkoma tulang atau sarkoma jaringan lunak. Semuanya memiliki karakteristik mikropis tertentu dan memiliki gejala serupa.

  1. Kanker Tiroid

Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker langka yang menyerang kelenjar tiroid, kelenjar kecil di pangkal leher yang menghasilkan hormon. Gejalanya berupa benjolan yang tidak nyeri atau bengkak dibagian depan leher.

Pembengkakan kelenjar di leher, suara serak yang tidak dapat dijelaskan, sakit tenggorokan yang berkepanjangan, dan kesulitan menelan menjadi ciri-ciri awal dari penyakin kanker langka ini.

  1. Tumor Otak

Kanker Tumor Otak adalah tumor tingkat tingggi yang bermula di otak primer atau menyebar ke otak tempat lain (sekunder). Gejalanya termasuk sakit kepala parah dan terus-menerus, kejang, mual terus-menerus, muntah dan kantuk, perubahan mental dan perilaku, masalah penglihatan atau bicara, kelemahan atau kelumpuhan progresif di satu sisi tubuh.

  1. Limfoma

Kanker ini terjadi ketika limfosit (Sel darah putih) tidak terkontrol. Mereka membelah dengan cara yang tidak normal atau tidak mati pada pada saat seharusnya.

Limfosit abnormal dapat terkumpul di kelenjar getah bening, sering kali di ketiak, leher, atau selangkangan, Namun bisa juga terkumpul di hampir semua bagian tubuh. Gejalanya akan tergantung di mana limfoma mulai menyerang dan bagian tubuh mana yang terpengaruh.

  1. Kanker Anak

Kanker yang paling umum pada anak-anak termasuk leukemia, limfoma, dan kanker otak. Hal-hal yang menyebabkan kanker pada orang dewasa biasanya tidak sama dengan kasus yang diderita pada anak-anak.

Dalam kebanyakan kasus, kanker pada masa kanak-kanak berasal dari mutasi acak pada gen sel yang sedang tumbuh. Itu artinya sering kali tidak ada cara efektif untuk mencegahnya berkembang.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini