Wajib Tahu! Anime dan Manga Asal Jepang Berbeda Loh

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kadang penyebutan anime dan manga dianggap memiliki istilah yang sama karena sering dikaitkan dan merujuk pada gaya kartun yang berasal dari Jepang.

Namun, kenyataannya dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Anime adalah istilah untuk kartun bergaya Jepang yang disajikan dalam media film atau serial televisi. Anime memiliki dinamika yang diciptakan dari suara karakter serta musik latar yang disesuaikan dengan jalan cerita.

Sedangkan manga sebenarnya ditujukan untuk media cetak yang hanya berisi gambar dan tulisan, seperti komik atau novel grafis. Karakter-karakter yang muncul dalam manga dan anime selalu digambarkan dengan mata yang besar dan rambut berwarna terang.

Tak hanya itu, kisah-kisah yang disajikan dalam manga cenderung lebih panjang dan mendetail. Hal ini karena manga menyajikannya melalui komik atau novel grafis yang terdiri dari belasan, puluhan, bahkan ratusan seri atau volume.

Sedangkan anime, memerlukan lebih banyak waktu serta biaya produksi. Sehingga memiliki alur cerita yang lebih singkat dan tidak mendalam. Jalan cerita serta perkembangan karakter-karakter di dalamnya pun dibuat lebih singkat karena menyesuaikan dengan jumlah episode dan durasi yang akan ditayangkan.

Seperti diketahui, istilah manga berasal dari kata asli dalam bahasa Jepang yang terdiri dari dua suku kata man- yang berarti acak, dan –ga yang bermakna gambar.

Sedangkan anime bukan merupakan kata asli dari bahasa Jepang. Kata yang digunakan untuk istilah ini awalnya adalah animeshiyon yang merupakan serapan dari kata animation dalam bahasa Inggris yang berarti kumpulan gambar yang bergerak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini