Ilustrasi berbahaya (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebagai wisatawan, tentu kita mencari tempat-tempat unik yang bisa dijadikan destinasi wisata saat berlibur. Biasanya, semakin memiliki cerita yang tak biasa, maka tempat tersebut makin jadi incaran.

Termasuk tempat-tempat bersejarah. Tak jarang lokasi tersebut menjadi pusat wisata, terlebih jika memiliki latar belakang cerita yang menarik.

Namun, Kamu harus tahu kalau tak semua tempat bersejarah bisa dijadikan destinasi wisata loh. Bahkan, kamu diimbau tak boleh mengunjunginya sama sekali dan akan ada sanksi yang harus kamu terima jika nekat melanggarnya.

Larangan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut tentu ada alasannya. Berikut adalah lima tempat yang gak boleh kamu kunjugi beserta alasannya yang bikin geleng-geleng kepala. Yuk simak!

1. Makam Kaisar Qin Shi Huang (China)

Makam Kaisar Qin Shi Huang di China

Tempat pertama di dunia yang gak boleh kamu kunjungi meski saat liburan ialah makam Kaisar Qin Shi Huang yang berlokasi di negeri tirai bambu, China. Ini merupakan tempat perisirahatan kaisar Qin Shi Huang yang dipenuhi oleh patung-patung berwujud tentara seukuran manusia.

Tak cuma itu, terdapat pula ratusan patung berbentuk kuda dan keretanya di kompleks makam Kaisar Qin Shi Huang. Menurut cerita, patung-patung tersebut sengaja dibuat untuk ‘menemani’ sang kaisar di alam baka.

Kabarnya, ribuan patung tersebut dibuat sekitar 2.200 tahun yang lalu. Kaisar pertama di China itu dibaringkan di sebuah makam yang luas bak istana dan memiliki aula, menara hingga kantor.

Alasan mengapa kamu gak boleh berkunjung ke tempat ini karena tingginya kadar merkuri yang digunakan untuk menyegel makam sang Kaisar. Jika berani melanggarnya, sudah pasti kamu akan berurusan dengan pemerintah setempat dan keaman yang bertugas.

2. Church of Saint Mary of Zion (Ethiopia)

Church of Saint Mary of Zion di Ethiopia

Selanjutnya ada sebuah gereja di Ethiopia yang gak boleh kamu kunjungi, yakni Church of Saint Mary of Zion. Menurut sumber, salah satu artefak paling dicari, yakni Tabut Perjanjian ada di gereja ini.

Dikutip dari Listverse, Tabut Perjanjian itu dinyatakan menghilang dari sejarah setelah Kekaisaran Babilonia menaklukkan bangsa Israel. Tak ada yang tahu secara pasti keberadaannya. Apakah tabut itu dihancurkan, disembunyikan, atau dikurung dengan pengawasan ketat.

Berdasarkan kabar yang beredar, Tabut Perjanjian diketahui berada di Church of Saint Mary of Zion di Ethiopia. Inilah sebabnya gereja tersebut hanya mengizinkan seorang biarawan yang bertugas sebagai penjaga artefak yang boleh melihatnya. Selebihnya tidak ada yang diperbolehkan menengok Tabut Perjanjian

3. Rouge Zone (Prancis)

Rouge Zone di Prancis

Siapa bilang kalau semua tempat di Prancis bisa dikunjungi wisatawan? Ternyata ada juga yang dilarang loh. Seperti Rouge Zone yang terletak di Verdon, Prancis.

Rouge Zone merupakan hutan lebat yang kabarnya merupakan saksi bisu dari pecahnya Perang Dunia I. Hutan ini sangat sepi dan telah menjadi kawasan terlarang selama hampir satu abad. Tidak boleh ada pemukiman, tak boleh ada pembangunan, apalagi wisata.

Dulunya, hutan tersebut merupakan tanah pertanian biasa. Namun, ketika Perang Dunia I berakhir pada 1918, hutan di kawasan Verdun ini menjadi salah satu korbannya. Seluruh peluru dan amunisi ditinggalkan di daerah tersebut dan dianggap sebagai Rouge Zone atau Zona Merah.

Itulah sebabnya, tidak ada yang diperbolehkan memasuki hutan tersebut, bahkan mahasiswa yang tengah meneliti atau penduduk desa yang dulu punya lahan pertanian di sana.

4. Pulau Sentinel (India)

Pulau Sentinel (India)

Berlibur ke pulau yang indah dan memiliki pemandangan eksotis memang menyenangkan. Namun, kamu perlu mencoret daftar Pulau Sentinel dari list destinasi wisata kamu ya.

Sebab, pulau yang terletak di Teluk Benggalam, India ini sangat berbahaya dan gak boleh kamu kunjungi. Bahkan, pemerintah India sendiri melarang orang-orang untuk mendekat.

Penghuni Pulau Sentinel sangat tidak suka dengan orang asing. Mendekati pulau dengan jarak kurang dari 5 km akan dianggap sebagai tindakan ilegal.
Mereka pun tak segan-segan menyerang orang tersebut dengan berbagai cara agar tak masuk ke dalam kawasan mereka, mulai dari menembaki mereka dengan panah hingga senjata tradisional lainnya.
5. Svalbard Global Seed Vault (Islandia)
Svalbard Global Seed Vault di Islandia
Terakhir, tempat yang gak boleh kamu kunjungi ialah Svalbard Global Seed Vault di Islandia. Tepat di pertengahan antara Norwegia dan Kutub Utara, terdapat gudang penyimpanan benih terbesar di dunia yang menyimpan ribuan benih untuk jangka panjang.
Ada sekitar puluhan ribu varietas tanaman pangan dan lebih dari empat ribu spesies tanaman lainnya yang bisa kamu temukan di sini. Gudang tersebut merupakan fasilitas penyimpanan benih jangka panjang yang tahan terhadap bencana alam dan bencana buatan manusia.
Dengan adanya gudang ini, peneliti bisa menyimpan duplikat benih dari berbagai koleksi tanaman dunia. Benih-benih itu kelak bisa digunakan apabila negara-negara mengalami pemanasan global atau perang nuklir, dan berencana kembali bertani.
Maka, tempat ini tak boleh jadi destinasi wisata dan dikunjungi banyak orang guna menjaga gudang tersebut dari kerusakan yang bisa saja terjadi akibat tangan-tangan usil para wisatawan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here