Wajib Tahu! 5 Tanaman Ini Ternyata Mengandung Racun Mematikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Mungkin tak banyak orang tahu bahwa ada beberapa tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi ternyata mengandung racun mematikan, bahkan ada tanaman yang menyebarkan racun saat disentuh.

Nah, penasarankan tanaman apa saja? Berikut lima tanaman yang ternyata mengandung racun mematikan dan hidup subur berdampingan dengan manusia.

  1. Singkong

Anda mungkin tidak menyangka jika singkong atau ubi karet mengandung racun. Ya, singkong memang dapat menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosida sianogenik.

Senyawa ini sejatinya cenderung tidak beracun, namun proses enzimatik yang terjadi dalam tubuh manusia dapat mengurainya menjadi hidrogen sianida. Hidrogen sianida ini-lah yang mengandung racun berbahaya.

Akan tetapi, singkong yang biasa kita konsumsi pada umumnya mengandung sianida dalam jumlah sedikit. Racun berbahaya itu akan hilang dengan sendirinya jika kita mengolah singkong menjadi makanan siap santap dengan benar.

  1. Kecubung

Anda mungkin sudah tahu bila tanaman kecubung kerap dijadikan obat beberapa penyakit, seperti rematik, asma hingga pegal linu. Namun ketahuilah, biji pada tanaman ini mengandung zat alkaloid yang beracun.

Bahkan, kata ahli tanaman obat Endah Lasmadiwati, daun kecubung yang hanya diremas lalu ditempelkan ke dahi seseorang dapat menimbulkan efek mabuk. Adapun beberapa gejala keracunan yang dihasilkan tanaman ini di antaranya sembelit, sensitif terhadap cahaya, sakit mata dan mulut kering.

  1. Tanaman jarak

Tanaman jarak memang sangat bermanfaat, terutama bagian daun dan getahnya. Namun, tanaman liar ini mengandung risin di dalam biji buahnya. Risin merupakan protein yang mengandung racun mematikan. Bahkan, dua biji jarak bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya.

  1. Gympie-gympie

Tanaman gympie-gympie dapat dijumpai di hutan Maluku. Tanaman ini terkenal dengan kandungan racun yang sangat mematikan bernama moroidin.

Orang bahkan menjulukinya sebagai tanaman penyengat. Ya, daun gympie-gympie memang dapat ‘menyengat’ seseorang yang menyentuhnya. Selain itu, ia akan merasakan panas yang luar biasa hingga berbulan-bulan.

  1. Pohon upas

Pohon upas mengandung racun yang mematikan pada bagian lendir getahnya. Dulu, rakyat Indonesia memanfaatkan getah tanaman ini untuk menggempur pasukan tentara Belanda. Racun upas dulu dioleskan pada anak panah untuk meracuni lawan.

Di sisi lain, racun upas pernah diujicobakan pada seekor anjing dan ayam. Seperti apa hasilnya? Percobaan pertama langsung mati sekitar 8 menit dan percobaan kedua mati kurang dari dua menit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini