Wajib Tahu! 5 Penemuan Orang Indonesia yang Menggemparkan Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dari penemuan nama ikan sampai teknologi kekinian yang dibuat oleh orang Indonesia ternyata masih jarang diketahui orang banyak. Padahal manfaatnya sering kita rasakan sekarang.

Lalu, apa saja penemuan yang menggemparkan tersebut? Berikut ulasannya:

1. Konstruksi cakar ayam

Prof. Dr. Ir. Sedijatmo penemu metode cakar ayam. Pada tahun 1961 ia sedang mendapat project membuat 7 menara listrik bertegangan tinggi dalam waktu yang singkat.

Awalnya ia menggunakan pondasi konvensional tetapi hanya mampu membuat dua menara saja, sedangkan 5 menara lainnya masih terbengkalai. Kalau 5 menara tersebut juga menggunakan pondasi konvensional maka memakan waktu cukup lama.

Kemudian terbesit ide membuat menara di atas pondasi yang terdiri dari plat beton yang didukung pipa-pipa di bawahnya agar pondasi menjadi kuat, lalu ia beri nama ide itu dengan cakar ayam.

2. 4G LTE

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Prof. Dr. Khoirul Anwar untuk membuat 4G OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) bahkan inspirasinya saja baru muncul ketika ia sedang menonton anime jepang.

Saat itu Khairul dalam keadaan mendesak untuk mengajukan tema penelitiannya agar mendapat dana riset. Ia berpikir keras tapi idenya tidak muncul juga. Akhirnya ia meluangkan waktu sebentar menonton Dragon Ball Z.

Tiba-tiba ide muncul saat Goku tokoh utama Dragon Ball Z mengeluarkan jurusnya “Genki Dama” atau Spirit Ball. Langsung terbesit olehnya membuat judul penelitian “A Simple Turbo Equalization for Single Carrier Block Transmission without Guard Interval” yang menjadi cikal-bakal 4G yang kita rasakan sekarang.

3. Helm pendingin

Penemuan yang satu ini diciptakan oleh anak yang baru usia 14 tahun. Ia memang dikenal senang bereskperimen.

Sebelum mengikuti lomba Toyota Eco Youth (TEY) tahun 2014 yang menunjukkan helm pendinginnya, ia juga pernah membuat helm anti gegar otak, dan smart pot atau panci cerdas.

Linus membuat helm pendingin karena setiap ia pergi ke sekolah bermacet-macetan yang membuatnya kepanasan. Diharapkan dengan adanya helm pendingin tersebut bisa membuat nyaman pengguna helm.

4. Plastik dari singkong

Plastik memang menjadi permasalahan terbesar di Indonesia juga dunia. Semakin hari jusrtu sampah menumpuk kian banyak, apalagi saat diketahui plastik baru terurai setelah 300-400 tahun kemudian.

Kevin Kumala pemuda asal Bali menemukan ide yang inovatif yaitu membuat plastik dari singkong. Awalnya ia galau melihat pantai di kota kelahirannya sudah mulai banyak sampah bahkan saat ia sedang berselancar pun sampah-sampah itu mengambang di lautan.

Akhrnya ia membuat plastik dari singkong itu yang bisa diurai selama 180 hari saja.

5. Ikan mujair

Ditemui oleh pria bernama Iwan Dalauk yang selanjutnya dikenal sebagai Mbah Moedjair yang lahir tahun 1890 di Kuningan, Blitar.

Saat itu ia sedang menangkap ikan di Sungai Serang sebelah Selatan kota Blitar. Kemudian ia menemukan induk ikan sedang menelan anak-anaknya ketika sedang ada bahaya.

Akhirnya ia berniat untuk memelihara ikan tersebut. Ikan mujair awalnya terbiasa hidup di air asin sehingga ketika dibawa ke rumah menggunakan air tawar ikan tersebut mati.

Mbah Moedjair tidak pernah putus asa berulang kali ia atur air sedemikian rupa agar ikan tersebut bisa hidup di air tawar. Eksperimennya berhasil setelah ia melakukan percobaan 11 kali.

Atas budidayanya itu ia berhasil meraih penghargaan Pemerintahan Republik Indonesia adalah dari Kementerian Pertanian tahun 1951 dan Penghargaan Internasional diterima dari Konsul Komite Perikanan Indo Pasifik tahun 1953. (Anita Rahim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini