Rabu, Januari 19, 2022

Wajib Tahu, 5 Minuman Ini Bisa Picu Serangan Jantung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Serangan jantung terjadi disebabkan aliran darah yang tersumbat, namun situasi ini umumnya menjadi sebuah pertanda bagi seseorang agar menjaga kesehatan jantung. Salah satu caranya dengan melakukan diet sehat.

Tidak hanya dalam mengonsumsi makanan, namun minuman juga patut mendapatkan perhatian. Mengingat minuman tertentu bisa memicu serangan jantung. Adapun 5 minuman tersebut meliputi:

Pertama yaitu soft drink. Minuman ini bisa memicu serangan jantung karena adanya kandungan gula. Mengutip dari Eat This, minuman bergula bisa meningkatkan penyakit jantung dan hal ini diperkuat dengan adanya studi bahwa orang yang minum lebih dari 350 mililiter soda setiap hari memiliki kadar lemak darah yang tidak normal sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kedua adalah kopi. Selain memiliki manfaat namun minuman ini juga berpotensi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Sebuah studi menjelaskan bahwa orang yang minum lebih dari 6 cangkir kopi per hari atau lebih, bisa meningkatkan lipid (lemak) pada darah. Lemak ini yang dinilai bisa menghambat aliran darah dan menimbulkan serangan jantung.

Ahli gizi Ahmed El-Sohemy menilai bahwa minum satu cangkir kopi pun bisa menimbulkan efek buruk bagi jantung. Namun, hal ini hanya ditujukan bagi orang dengan beberapa faktor risiko  penyakit jantung dan mereka yang kurang bergerak.

“Untuk mereka yang bukan peminum kopi rutin dan punya faktor risiko lain, mendapat sentakan kafein bisa jadi sentakan buat sistem (organ),” kata El-Sohemy.

Ketiga yakni minuman energi. Meski diklaim bisa memberikan suntikan energi instan pada tubuh namun minuman ini bisa memicu serangan jantung. Hal ini pernah terjadi pada Juni 2021 lalu yaitu seorang pria asal Inggris bernama Lee Kamen terkena serangan jantung karena mengonsums minuman energi secara berlebihan.

Fenomena ini bisa saja terjadi pada orang lain karena minuman energi sejatinya bisa meningkatkan risiko serangan jantung akibat ritme jantung berdetak tidak normal.

Keempat, yaitu milkshake. Sensasi manis, dingin dan creamy ternyata berpotensi bahaya karena gula dan lemak jenuhnya bisa memicu serangan jantung. Sementara terakhir adalah minuman beralkohol. Baik perempuan maupun laki-laki memiliki potensi yang sama sehingga keduanya memiliki peluang sama jika terkena serangan jantung. Namun, sebuah riset mengemukakan bahwa perempuan yang rutin mengonsumsi alkohol lebih rentan mengalami penyakit jantung dibandingkan laki-laki.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Cerita Kirsten Dunst soal Adegan Ikonis Ciuman dengan Spider-Man

MATA INDONESIA, LOS ANGELES - Kirsten Dunst bercerita tentang sulitnya adegan ciuman dengan Tobey Maguire di film 'Spider-Man'. Tapi,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini