Wajib Tahu! 4 Cara Untuk Bertahan Hidup Saat Listrik Mati

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pemadaman listrik di wilayah Ibukota dan wilayah Pulau Jawa lainnya pada Minngu, 4 Agustus 2019 siang kemarin. Akibatnya, seluruh aktivitas warga di era serba digital ini pun menjadi terganggu. Apalagi pemadaman terjadi hingga enam jam lamanya.

Tak disadari, jika pemadaman listrik ini terjadi dalam jangka waktu yang lama berdampak serius kepada kelangsungan hidup manusia saat ini. Seperti diketahui, dijaman modern saat ini seluruh transaksi keuangan bisa dilakukan secara elektronik.

Ada yang perlu diantisipasi atau disiapkan dapat bertahan hidup dalam insiden mati listrik yang cukup lama. Berikut lima hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

1. Simpan Uang Tunai Darurat

Saat ini banyak orang yang mengandalkan uang elektronik dibandingkan menggunakan uang tunai.  Pasalnya, uang elektronik lebih mendatangkan banyak untung, khususnya karena banyak diskon serta kemudahan yang ditawarkan.

Namun Anda harus ingat, uang eletronik tidak akan berguna dalam kondisi mati listrik. Kamu tidak bisa menarik uang dari ATM, tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu debet atau kredit, dan tak pula bisa scan barcode untuk membayar belanjaan dengan uang digital.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menyimpan sejumlah uang tunai di tempat yang aman. Hal ini memudahkan kamu saat mati listrik menimpa kamu secara tiba-tiba.

2. Pastikan Alat Pengganti Listrik dalam Kondisi Baik

Dalam keadaan mati listrik maka penting untuk kamu menciptakan cahaya. Pasalnya kondisi mati listrik membuat rumah kalian menjadi gelap, terutama saat malam hari. Oleh karena itu, jangan untuk menyiapkan alat pengganti listri seperti generator atau power bank.

Generator berfungsi menghasilkan listrik sehingga Anda tetap bisa dapat menghidupkan lampu maupun alat elektronik. Karena perangkat ini harganya mahal, kalian bisa memanfaatkan power bank dan lampu portable untuk menghasilkan cahaya.

Namun harus diingat, pakailah kedua alat tersebut dengan bijaksana. Pasalnya persediaan akan lebih cepat menipis dan belum tentu mati listrik dapat segera ditangani.

3. Siapkan Barang-Barang Vital

Makanan, air, dan obat-obatan menjadi hal paling penting yang harus tersedia ketikan mati listrik dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya, hal ini juga dapat berdampak pada sejumlah toko akan tidak beroperasi jika hal itu terjadi.

Sebagai informasi, pilihlah makanan kaleng dan makanan yang tidak mudah busuk lainnya. Untuk air, harus ada tampungan lebih yang dapat mencukupi kebutuhan kamu ketika mati lsistrik terjadi.

Dan yang terpenting, sediakan pula obat yang mungkin kamu butuhkan, terutama antibiotik dan obat-obatan penyakit pribadi yang sering kambuh.

4. Tinggalkan Wilayah yang Terdampak Pemadaman Listrik

Sebagai pilihan terakhir, demi bertahan hidup dari pemadaman listrik kamu harus keluar dari wilayah tersebut. Kalian bisa memilih wilayah atau kota terdekat yang listriknya berfungsi. Jika kamu memiliki kerabat atau teman yang tinggal di kota kecil, kamu juga dapat pergi ke sana.

Semua hal itu sangat penting bagi kamu untuk bertahan lama dalam kondisi terbaik.

 

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini