Wajib Tahu! 3 Apel Lokal ini Favorit Semua Orang Lho!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Apel merupakan buah yang paling populer di dunia. Apel sering dijadikan buah favorit banyak orang. Ada sekitar 25.000 jenis apel di dunia. Di Indonesia, apel lokal maupun impor banyak ditemukan di pasaran.

Apel lokal berasal dari Malang. Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini dijuluki sebagai ‘kota apel’ karena memang terkenal dengan produksi apel yang begitu banyaknya, sampai diekspor keluar negri serta dijual ke banyak daerah di Indonesia.

Apel lokal memiliki ciri warna cenderung pucat, sedangkan apel impor berwarna cerah. Cukup mudah membedakan apel impor dan apel lokal di pasaran. Walaupun apel lokal memiliki warna yang cenderung pucat, tapi rasa dan khasiatnya tidak kalah jauh dengan apel impor.

Maka, Kamu wajib tahu nih, sederet jenis apel lokal yang jadi favorit orang Indonesia.

1. Apel Manalagi

Apel Manalagi memiliki aroma yang wangi ini berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Tetap berwarna hijau kekuningan jika sudah matang. Jenis apel ini memiliki pori kulit buah yang tampak nyata, halus, dan renggang.

Berbentuk bulat panjang, pangkal dan pucuknya berlekuk ke dalam. Rasanya yang segar dan manis serta warna dagingnya putih kekuningan agak liat dan sedikit kering dengan kadar air 84,05 persen.

Penampilannya tergolong kecil dibandingkan dengan apel lainnya, berdiameter sekitar 4-7 cm. Apel ini disukai banyak orang dan sudah merajai pasar domestik.

2. Apel Anna

Apel Anna bentuk dan warnanya mirip dengan apel impor yang menjadikannya buah favorit dari Batu, Malang. Apel ini memiliki keunikan, yaitu jika dipetik dan langsung dimakan akan terasa sedikit asam. Tapi jika dibiarkan setelah 3-4 hari setelah dipetik akan terasa lebih manis dan aromanya tajam.

Warna kulitnya kalau muda berwarna hijau, tapi ketika tua berubah menjadi merah tua semburat hijau. Tekstur kulitnya halus dan tipis.

Berbentuk memanjang dengan pangkal buah yang seperti bintang berdiameter sekitar 6 cm. Memiliki daging buah yang berwarna kuning. Bentuk dari bijinya agak panjang dengan bagian ujungnya sedikit runcing. Apel jenis ini memiliki kadar air sekitar 84,12 persen serta kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

3. Apel Rome Beauty

Apel Rome Beauty menjadi salah satu jenis yang paling banyak ditanam di Malang, sekitar 70%. Apel ini memiliki keunikan, karena warna merahnya hanya terdapat pada bagian yang terkena sinar matahari saja. Sedangkan, warna hijaunya bagian dari yang tidak terkena sinar matahari.

Kulitnya cukup tebal dan berwarna merah hijau berbintik. Memiliki rasa manis masam namun segar. Bentuknya agak bulat dengan sedikit lengkungan di bagian ujung.

Daging buah dari apel ini bertekstur keras dan kasar yang memiliki warna putih kekuningan. Namun, aromanya tidak terlalu kuat. Tapi rasa manis asamnya cukup menyegarkan dengan kandungan air 86,65 persen.

Reporter: Laita Nur Azahra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini