Wajib Ditonton! 5 Film Horror Ini Berlokasi di Jawa Barat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Selain genre romantic, komedi, film dengan genre horror pun banyak diminati. Umumnya, penonton menyukai film horror karena dinilai seru dan dapat memacu adrenalin ketika menonton.

Industri film yang semakin berkembang saat ini, membuat ide-ide film pun semakin beragam. Banyak sutradara kini mulai melirik kearifan lokal tiap daerah untuk dijadikan sebuah ide cerita. Seperti halnya kelima film ini, diusung dari kisah nyata, berikut film horror yang berlokasi di daerah Jawa Barat yang wajib kamu tonton!

  1. Jelangkung (2001)

Jelangkung menjadi salah satu film horror terbaik Indonesia yang mengusung tema kearifan lokal. Film yang tayang pada tahun 2001 silam ini, menceritakan tentang empat sekawan yang ingin mendapatkan ilmu gaib.

Keempatnya berkunjung ke Desa Angkerbatu di Jawa Barat dan kemudian melakukan ritual jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib tersebut. Namun sayangnya, bukan ilmu gaib yang didapatkan, keempatnya justru malah mendapat bencana hingga malapetaka.

  1. Bangsal 13 (2004)

Film horror selanjutnya yang berlokasi di daerah Jawa Barat yakni film Bangsal 13. Film yang digarap tahun 2004 ini menceritakan tentang sebuah rumah sakit di Jawa Barat yang penuh dengan misteri.

Mulanya, Nat dan Mina tidak sengaja menabrak seorang gadis bernama Hera. Kedua penabrak tersebut akhirnya membawa Hera ke rumah sakit untuk melakukan pengobatan.

Dikarenakan ruang rawat penuh, suster rumah sakit tersebut membuka bangsal 13 yang selama ini tertutup. Setelah memberikan beberapa larangan agar dipatuhi, salah satu dari keduanya ada yang melanggar dan malah membuat berbagai terror bermunculan.

  1. 308 (2013)

Film 308 menjadi salah satu film yang diadaptasi dari kisah nyata yang dialami oleh seorang housekeeping supervisor di hotel Samudera. Film ini menceritakan tentang seorang gadis yang bekerja di hotel Samudera dan mulai merasakan berbagai macam keanehan dan beberapa peraturan yang tidak masuk akal terkait kamar nomor 308 dan baju berwarna hijau.

Diketahui kamar nomor 308 pada hotel Samudra adalah salah satu kamar yang dikhususkan untuk Nyi Roro Kidul dan baju berwarna hijau menjadi warna favorit Ratu pantai selatan ini. Film yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini menjadi film horror pertama dari Indonesia yang masuk Screamfest di Amerika Serikat.

  1. Danur (2017)

Danur menjadi salah satu film yang sempat booming pada tahun 2017 silam. Film yang satu ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang pernah dialami oleh Risa Saraswati.

Diketahui, Risa merupakan seorang anak indigo, dimana sejak kecil ia memiliki teman-teman tak kasat mata, yakni Peter CS. Berkat kesuksesan Danur pertama, selanjutnya rilis Danur 2 dan Danur 3 yang sayang untuk kamu lewatkan. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menggunakan latar belakang Kota Bandung.

  1. Mata Batin (2017)

Rekomendari terakhir ada film Mata Batin yang mengangkat latar belakang kota Bandung Jawa Barat. Film yang dibintangi oleh Jessica Mila ini menceritakan tentang kakak-beradik yang pindah ke rumah tempat mereka menghabiskan waktu masa kecilnya dulu. Di rumah yang jauh dari pusat kota tersebut keduanya mengalami hal-hal yang menjanggalkan.

Keduanya menelusuri hal-hal aneh tersebut dengan bantuan paranormal. Mata batin keduanya dibuka untuk mengungkapkan apa yang memang terjadi. Sayangnya, sang adik harus meregangkan nyawa.

Film yang disutradarai oleh Rocky Soraya ini mendulang kesuksesan dengan sangat baik, sehingga hadirlah kembali Mata Batin 2 pada tahun 2019 lalu.

Reporter: Rini Apriliani

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini