Ilustrasi rendang (Foto: Istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memiliki beragama kuliner yang enak dan khas dari tiap daerah. Tak heran jika kekayaan kuliner tanah air yang berwarna ini dikenal banyak orang tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri.

Bagi para pecinta kuliner pastinya tahu betul makanan khas Indonesia terkenal akan rasanya yang kaya rempah-rempah. Kelezatannya ini membuat banyak orang ketagihan lho!

Bahkan, banyak makanan tanah air masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia. Apa saja? berikut daftarnya yang telah dirangkum Minews.id:

BACA JUGA: Kesayangan Anak Muda, 5 Penyanyi Indonesia Ini Berhasil Go Internasional

1. Sate

Ilustrasi sate daging babi
Ilustrasi sate. (Foto: Istimewa)

Kuliner khas Indonesia yakni sate memang sempat menjadi kuliner terlezat yang banyak disukai oleh turis mancanegara. Pada umumnya sate yang ditemui di setiap kota adalah sate ayam atau sate kambing Madura yang menggunakan bumbu kacang dan kecap.

Makanan ini menjadi salah satu menu populer di restoran Satay Junction yang berada di New York, Amerika Serikat. Kelezatannya juga menyebar ke berbagai negara lainnya.

Di China, sate ayam menjadi makanan yang laris dikonsumsi masyarakat dalam acara bazar amal internasional yang diselenggarakan oleh istri menlu China, Madam Qian Wei pada tahun 2013.

BACA JUGA: Resep Sate Bumbu Kecap dan Kacang yang Enak, Ikutin Yuk!

2. Rendang

Ilustrasi rendang (Foto: Istimewa)

Rendang yang merupakan makanan khas Minangkabau berbahan dasar dari olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan rempah dan santan selama berjam-jam, juga masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia.

Pada tahun 2011, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia. Sering dijual di restoran makanan Padang, rendang sering dicari oleh orang-orang.

Rendang sendiri bahkan memiliki nilai filosofi penting bagi warga Minangkabau. Hingga tak heran jika masakan ini sering dihidangkan di acara-acara penting.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng (Foto: Istimewa)

Makanan yang sangat populer bagi warga lokal maupun turis asing ini, meskipun memiliki rasa yang sederhana namun menjadikan masakan ini sebagai ‘pilihan aman’ bagi wisatawan asing yang ingin mencoba kuliner Indonesia. Nasi goreng bahkan dikatakan sebagai panganan simpel yang mudah dipelajari dan mudah disebarkan ke negara-negara lain.

Nasi goreng di Indonesia umumnya dibuat dengan bumbu seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri hingga terasi. Dipadu dengan telur, bakso ataupun potongan daging ayam dan seafood. Makin enak dicampur dengan kecap manis dan disajikan dengan kerupuk udang.

BACA JUGA: Resep Cream Cheese Garlic Bread Ala Korea yang Lagi Hits Banget!

4. Gado-gado

Gado-gado (Foto: Istimewa)

Makanan Indonesia yang mendunia lainnya ada gado-gado. Sajian ini sebenarnya sama seperti salad karena berbahan dasar sayur sayuran. Hanya saja di Indonesia sayuran yang dibuat untuk gado-gado terdiri dari bayam, labu siam, kentang, tempe, tahu hingga telur.

Semua sayurannya direbus dan disajikan bersama dengan suas kacang. Siraman saus kacang yang gurih ini pernah membuat nama Indonesia harum di luar negeri.

Popularitas gado-gado juga sudah melanglang buana kemana saja termasuk beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat, Prancis, Australia, Singapura, dan Malaysia. Pada umumnya, makanan ini dijual oleh restoran-restoran khas kuliner Indonesia.

5. Bakso

Bakso (Foto Istimewa)
Bakso (Foto Istimewa)

Terbuat dari campuran tepung dan daging sapi, bakso dengan siraman kuah gurih memang cocok disantap dengan mie dan sambal. Hal ini pun membuat banyak orang asing penasaran bagaimana rasa bakso yang ada di Indonesia.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama pernah bercerita tentang kedekatannya dengan Indonesia dan Jakarta. Obama pun pernah mengatakan, “Ke mana pun saya pergi, orang-orang pasti seperti ini, ‘Wei, sate Obama. Bakso, tempe, nasi goreng, Pak’,” ucap Obama.

Selain itu, majalah kuliner kenamaan asal negeri Paman Sam, Saveur juga mengakui kelezatan bakso. Dalam buku berjudul “Jakarta Street Food”, Pemimpin Redaksi majalah Saveur, James Oseland juga menyukai bakso dan menganggapnya sebagai makanan yang dapat membangkitkan selera. Pengakuan-pengakuan tersebut tentunya dapat membuat Anda semakin yakin untuk berjualan bakso.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here