Wajib Coba! Ini Sederet Cara yang Bisa Bikin Kamu Makin Pintar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki otak yang cerdas adalah dambaan semua orang. Segala cara dilakukan untuk mengasah otak agar semakin tajam dan cerdas.

Salah satu caranya ialah melakukan beragam aktivitas otak yang menyenangkan. Dengan sering mengasah kemampuannya, otak jadi lebih pintar dan mampu menampung memori lebih banyak.

Nah, selain dengan mengonsumsi beragam multivitamin dan makanan sehat lainnya, ada beberapa cara sederhana yang bisa membuat otak kamu lebih fresh dan cerdas lho!

Apa saja? Yuk simak!

  1. Bermain

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah bermain. Memainkan permainan yang membutuhkan pikiran ekstra bisa mengasah ketajaman otakmu lho!

Pilihlah mainan seperti puzzle, catur hingga sambung kata. Selain menyenangkan, permainan tersebut memiliki manfaat untuk kecerdasan otakmu.

2. Praktik Visualisasi

Selanutnya ada praktik visualiasi. Aktivitas ini juga mampu meningkatkan fungsi otak kamu.

Kemampuan otak untuk mengingat sesuatu bisa dilatih dengan belajar membayangkan sebentuk benda di dalam benak. Tulis beberapa kata, seperti buku dan lipstik, di kertas. Lalu, hadirkan benda tersebut dalam benak Anda, lengkap dengan ilustrasi bentuk, aroma, warna, dan teksturnya.

3. Aerobik

Siapa bilang aerobik hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik? Olahraga ini juga bermanfaat untuk otak lho!

Menurut penelitian, jenis olahraga aerobik, seperti renang, jogging, tenis, dan bulutangkis ternyata bisa memperbaiki aspek-aspek fungsi kognitif otak sebesar 20-30 persen. Dengan begitu, olahraga tersebut bisa memberi pengaruh untuk fungsi otakmu.

4. Tidak Menunda Pekerjaan

Satu lagi hal yang bisa kamu lakukan ialah tidak menunda pekerjaan. Kebiasaan tidak menunda pekerjaan juga bisa meningkatkan perhatian kamu pada tindakan tersebut sekaligus menguatkan daya ingat.

Selekas mungkin, lakukan hal-hal yang sedang kamu pikirkan atau rencanakan. Dengan begitu, kamu terlatih untuk merespons buah pikiran dengan aksi nyata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini