manfaat berolahraga
(Foto: Ist)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Segala jenis olahraga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka, sangat dianjurkan masyarakat melakukan olahraga secara rutin.

Tak hanya untuk kebugaran tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk mengatur pernapasanmu. Pada dasarnya, pernapasan yang kuat dan sehat bisa didapatkan dari rutin melakukan olahraga.

Meski semua olahraga juga bisa berpengaruh pada pernapasan, ada beberapa jenis aktivitas fisik yang dikhususkan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Olahraga tertentu dapat melatih otot dada, paru-paru, dan jantung sehingga dapat memperkuat pernapasan sehingga napas bisa menjadi lebih sehat dan panjang.

Buat kamu yang sedang mengutamakan kesehatan sistem pernapasan, yuk simak beberapa olahraga yang wajib kamu coba.

1. Berenang

Olahraga pertama yang bisa kamu lakukan untuk melatih sistem pernapasan ialah berenang. Gerakan renang melatih otot dada dan juga pernapasan.

Berenang disarankan untuk para penderita Paru-paru Obstruktif Kronik (PPOK). Berenang bisa memperkuat otot pernapasan dan membantu paru-paru mengambil oksigen lebih kuat yang sangat dibutuhkan oleh PPOK.

Ketika berenang, kamu tentu harus terus bergerak. Nah, gerakan terus menerus yang kamu lakukan ini sama seperti olahraga kardio. Bahkan, ini akan terasa lebih menyenangkan karena kamu tak merasa berkeringat ketika berenang.

2. Senam Asma

Selanjutnya ada olahraga senam asma. Tak perlu khawatir gaes, meski namanya senam asma, olahraga ini bisa dilakukan siapa saja kok.

Senam ini dirancang khusus untuk memperkuat otot pernapasan melalui sejumlah gerakan dasar, mulai dari pemanasan, gerakan inti hingga pendinginan. Aktivitas tersebut akan membuatmu berkeringat dan mampu memperkuat sistem pernapasanmu.

Namun, jika kamu memang memiliki riwayat asma, senam ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas hidup pada penderitanya.

3. Bersepeda

Olahraga satu ini sedang banyak digandrungi masyarakat. Selain menyenangkan, bersepeda juga baik untuk kesehatan pernapasanmu lho!

Bersepeda dapat meningkatkan aktivitas kardio. Hal tersebut membantu jantung dan pertukaran oksigen jadi lebih baik. Buta yang hobi gowes alias bersepeda, dijamin sistem pernapasannya jauh lebih kuat.

4. Berjalan

Mau olahraga yang murah meriah, menyehatkan dan baik untuk sistem pernapasan? Berjalanlah jawabannya.

Berjalan juga salah satu jenis aktivitas fisik yang dapat membantu pernapasan apabila rutin dilakukan. Kamu bisa melakukan jalan pagi atau sore sembari berlari-lari kecil.

Lakukanlah secara rutin gaes! Ketahui juga batas kemampuanmu dalam berlari ya!

5. Olahraga dengan Barbel

Satu lagi olahraga yang bisa memperkuat sistem pernapasan adalah olahraga dengan alat seperti barbel. Berolahraga dengan barbel bisa melatih otot lengan, dada dan juga pernapasan.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini secara rutin ya! Kamu bisa melakukannya sebanyak lima kali seminggu selama 30 menit hingga 1 jam dengan intensitas sedang. Dengan rutin melakukan jenis-jenis olahraga berikut, maka kamu bisa merasakan manfaatnya untuk sistem pernapasanmu.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here