Wajib Coba! Ini Cara Atasi Stres untuk Generasi Milenial

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rumitnya aktivitas serta bisingnya ibu kota tak jarang membuat banyak orang jenuh dan suntuk. Bahkan, tak sedikit pula yang merasa stres akibat keadaan tersebut.

Stres merupakan perasaan alami dan wajar dirasakan setiap orang termasuk para milenial. Faktor penyebab stres pun bisa dipicu dari berbagai hal, mulai dari pekerjaan, hubungan, kondisi keuangan, suasana lingkungan dan sebagainya.

Mengatasi stres tak bisa dibilang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditangani agar kondisi tersebut tak semakin memburuk.

Nah, buat para milenial yang lagi mengalami kondisi tersebut, yuk intip beragam cara menghilangkan stres dan wajib dicoba!

  1. Mulai Hidup Sehat

Kondisi stres, depresi dan banyak pikiran merupakan masalah kesehatan mental. Namun, tak jarang berimbas pada kesehatan jika kamu tak mengatasinya dengan benar.

Maka, salah satu cara mengatasinya ialah memulai hidup sehat. Makanan yang sehat, olahraga, serta tidur yang cukup bisa membuat hidup kamu lebih bahagia.

Jika tubuh kamu sehat, proses detoksifikasi yang ada di dalam tubuh menjadi lancar dan metabolisme tubuhmu juga meningkat. Dengan demikian, kamu jadi lebih ringan menjalani hari meski beban pikiran masih ada di kepala.

2. Sempatkan ‘Me Time’

Memang tak bisa dipungkiri bahwa padatnya aktivitas membuat kamu jarang melakukan hal-hal yang disukai. Padahal, cara tersebut bisa membantumu menghilangkan penat dan stres loh!

Agar stresmu bisa diatasi dan tak berkepanjangan, cobalah untuk menyempatkan diri ‘me time’ atau melakukan hal-hal yang kamu sukai guna membuat mentalmu jauh lebih relaks dan bahagia.

3. Dengarkan Musik

Hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres ialah mendengarkan musik. Terkadang, rasa suntuk dan jenuh yang melanda mood kamu bisa teratasi dengan lantunan musik yang pelan dan menenangkan.

Penelitian mendukung efek positif musik pada otak dan tubuh seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Kamu juga bisa kok mendengarkan lagu dari artis favoritmu untuk menaikkan kondisi mood kamu yang lagi stres dengan keadaan.

4. Menulis Jurnal

Bagi sebagian orang, menulis diary atau jurnal merupakan hal yang memalukan sehingga malas untuk dilakukan. Padahal, melakukan hal tersebut bisa membantumu menangani stres loh!

Menulis jurnal harian akan berdampak positif bagi kesehatan mental, terutama dalam mengatasi stres dan depresi. Dengan menulis, kamu bisa mengungkapkan isi hati dan pikiran. Kegelisahan dan hal-hal yang patut kamu syukuri hari ini bisa dicurahkan lewat tulisan di jurnal, ketimbang menuangkannya lewat media sosial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini