Waduh! Sam Smith dan Normani Juga Kena Gugatan Pelanggaran Hak Cipta

Baca Juga

MATA INDONESIA, LOS ANGELES – Tambah lagi, kini Sam Smith dan Normani juga terlibat kasus pelanggaran hak cipta untuk lagu mereka yang berjudul ‘Dancing With a Stranger’.

Melansir dari Billboard, mereka dituntut oleh para penulis lagu Jordan Vincent, Christopher Miranda, dan Rosco Banlaoi. Gugatan itu merujuk pada bagian judul dan hook atau chorus dari lagu, serta video musik yang memiliki ‘kesamaan yang persis’.

“Dalam kedua lagu tersebut, judul, hook, chorus, lirik, dan komposisi musik semuanya sama dan diulang sepanjang lagu memberikan identitas masing-masing lagu,” tulis ketiga penulis lagu yang menuntut Sam Smith dan Normani.

Menurut gugatan, lagu sebelumnya telah ditulis pada 2015 lalu dibeli ke label pada akhir tahun tersebut. Kemudian dirilis di SoundCloud pada 2016 dan dirilis di Spotify dan YouTube pada 2017.

Sedangkan lagu milik Sam Smith tersebut baru dirilis pada 2019. Sehingga ketiga penulis lagu tersebut yakin bahwa lagunya telah ‘dijiplak’ oleh Sam Smith.

“Tak diragukan lagi bahwa Smith, Normani, dan para tergugat lainnya menyalin karya Penggugat. Ekspresi yang dilindungi dalam ‘Lagu yang Melanggar’ dan karya Penggugat yang sudah ada sebelumnya hampir identik dan sangat mirip,” tulis mereka lagi.

Sementara itu, tak hanya Sam Smith dan Normani saja yang terseret ke pengadilan terkait pelanggaran hak cipta. Di antaranya ada Dua Lipa dan Ed Sheeran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Asosiasi Planters Muda Indonesia Gelar Workshop UMKM Muda Bersama BPDPKS dan GAPKI Dalam Menangkal Kampanye Hitam Kelapa Sawit

Mata Indonesia, Yogyakarta - Komoditas kelapa sawit merupakan komoditas andalan bagi pendapatan nasional dan devisa negara, dimana total ekspor perkebunan pada tahun 2018 mencapai US$ 28,1 miliar atau setara dengan Rp393,4 Triliun dan bahkan menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyebut bahwa industri kelapa sawit berhasil menopang ekonomi Indonesia sepanjang 2023 sebanyak Rp600 triliun.
- Advertisement -

Baca berita yang ini