WhatsApp

MINEWS, JAKARTA-Aplikasi FaceApp saat ini sedang viral bagi pengguna media sosial di seluruh dunia. Lewat aplikasi ini, foto asli Anda akan diubah menjadi tua. Namun tahukah Anda, di balik serunya berbagi foto prediksi masa tua tersebut, ternyata ada bahaya yang mengintai. Apakah itu?

Bahaya tersebut adalah soal keamanan privasi. Melansir Mashable, disebut bahwa aplikasi ini mengumpulkan informasi berupa lokasi dan riwayat penelusuran browser (browser history) yang ada di smartphone Anda, baik Android maupun iPhone.

Informasi ini berupa laman web yang Anda kunjungi, add-on, serta informasi lain seperti lokasi dan riwayat lokasi Anda. Tujuan pengumpulan informasi ini disebut akan digunakan oleh FaceApp dalam meningkatkan layanan.

Ternyata, informasi ini tak cuma untuk peningkatan mutu aplikasi FaceApp saja. Pasalnya, tertulis pula kalau FaceApp membagikan informasi tersebut dengan “mitra iklan pihak ketiga” untuk iklan tertarget.

Dengan kata lain, deretan informasi yang diambil oleh FaceApp akan membuat Anda melihat iklan yang sesuai dengan apa yang Anda cari di browser.

Jika Anda sering mendapatkan serbuan iklan skin care setelah Anda browsing soal skincare terbaik di Google Chrome, ini adalah salah satu contohnya.

Selain itu, terdapat dugaan penyimpanan foto oleh FaceApp tanpa persetujuan pengguna. Pasalnya, FaceApp mengunggah foto yang kita submit untuk ‘dituakan’, ke cloud, alih-alih mengeditnya langsung di smartphone tempat aplikasi FaceApp terpasang.

Pakar privasi menyatakan, melansir The Verge, bahwa penyalahgunaan foto mungkin tak terjadi, namun ada sesuatu hal yang mengganjal dengan menyerahkan foto kita ke pihak lain tanpa persetujuan dari kita.

Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir soal penggunaan privasi. Dengan catatan Anda tak terlalu bermasalah soal pelacakan lokasi dan penggunaan data privasi untuk iklan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here