Varigata, Pisang Jenis Baru yang Manis dan Instagenik

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Pisang merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan banyak disukai oleh masyarakat dunia. Kandungan dari buah yang termasuk dalam suku musaceae ini mengandung potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi lain menjadikan pisang sebagai buah super sehat.

Nah, di dunia banyak sekali jenis pisang. Tapi kini pecinta pisang tengah heboh dengan hadirnya pisang instagenik. Pisang cantik ini berasal dari jenis pisang varigata atau biasa disebut musa variegate yang berasal dari Florida namun kini sudah banyak dibudidaya di berbagai daerah, termasuk di Indonesia.

Tanaman tropis ini punya bentuk mirip seperti pohon pisang biasa, bedanya ada pada warna daun dan buahnya. Daun pisang jenis ini tidak berwarna hijau polos melainkan bergradasi.

Biasanya dalam satu lembar daun terdiri dari warna hijau tua, hijau muda, putih hingga kekuningan. Warna ini tersusun selang-seling sehingga menghasilkan daun yang artistik.

Demikian juga dengan bagian buahnya yang tak kalah instagenik. Buah pisang varigata ini belang hijau putih dengan bentuk garis memanjang. Selain cantik, pisang varigata juga diakui punya rasa yang manis dan enak. Meskipun enak tapi pohon ini jarang berbuah dan terbilang sensitif.

Beberapa petani sudah mencoba membudidayakan pisang jenis ini di Indonesia namun hasilnya belum maksimal. Jadi buah pisang ini masih sangat sulit ditemui di pasaran.

Selain dijadikan tanaman di kebun, pohon pisang ini juga populer jadi tanaman hias. Pohon berukuran kecil dijual dalam pot dan bisa dijadikan hiasan di pekarangan rumah. Bibit pohon pisang ini juga sudah banyak dijual secara online. Harga bibit yang dijual bervarian mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 2,2 juta.

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini