Variasi Sambal Nikmat Khas Rumah Makan Padang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi para pecinta rasa pedas, sambal merupakan komponen yang wajib ada di dalam piring dengan nasi dan lauk-pauknya. Di rumah makan Padang, ada banyak variasi sambal yang menggugah selera.

Biasanya, masakan Padang memiliki cita rasa yang pedas pada tiap olahan masakannya. Di rumah makan Padang pun tersedia berbagai macam sambal. Mau tau apa saja? Yuk simak.

1. Sambal balado
Sambal balado adalah sambal asli Minang yang paling populer di Indonesia. Biasanya di rumah warga Minang selalu sedia sambal balado untuk menemani makan. Cara membuatnya yang sederhana membuat sambal jenis ini banyak disukai oleh warga Minang bahkan sampai ke penjuru Indonesia.

2. Sambal Lado Mudo
Sambal jenis ini merupakan sambal yang bisa langsung dinikmati hanya dengan nasi hangat. Komposisi sambal ini terdiri dari cabe hijau segar, daun jeruk, batang serai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan tomat hijau yang diproses dengan cara diulek. Warga Minang biasanya menambahkan ikan teri atau jengkol pada sambal lado mudo sebagai pelengkap rasanya.

3. Sambal Uwok
Sambal yang hampir mirip dengan sambal lado mudo, tapi yang membedakan adalah proses pembuatannya. Kalau sambal lado mudo diproses dengan cara diulek, sambal uwok mengandalkan panas uap dari kukusan di atas nasi. Cara pembuatannya adalah cabe yang sudah digiling dicampur dengan ikan teri, irisan bawang, dan garam. Lalu beri sedikit kuah dari air tajin, kemudian dikukus hingga matang dan lembut. Sambal uwok juga bisa menambah selera makan karena rasanya yang unik.

4. Sambal Cangkuak
Kali ini sambal yang khas berasal dari Padang Panjang. Sambal cangkuak juga cukup unik dimasak menggunakan air tajin atau air rebusan beras saat menanak nasi. Meski tidak menggunakan campuran santan, tapi sambal pedas yang satu ini tidak kalah enak.

Menurut sejarahnya, sambal cangkuak dibuat karena keterbatasan dan ketersediaan pangan pada saat itu. Sehingga air tajin pun disulap menjadi sambal enak, untuk pelengkap lauk. Bahan-bahan sambal ini ada cabe, tomat, bawang, petai, hingga tambahan ikan teri dan kerupuk kulit yang membuat rasanya semakin enak.

Nah, di antara sambal-sambal yang sudah dijelaskan termasuk proses pembuatan hingga deskripsi rasanya, kira-kira kalian suka yang mana?

Reporter: Haerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini