(Foto: Mom Junction)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Vaksinasi COVID-19 menjadi pelita di tengah pandemi panjang ini, sekaligus menjadi harapan terbaik untuk menekan penularan virus corona yang disinyalir berasal dari Kota Wuhan, Cina.

Berdasarkan temuannya, vaksinasi bukan hanya membantu melindungi Anda dari COVID-19, melainkan juga membantu melindungi orang-orang di sekitar Anda –termasuk mereka yang belum divaksinasi.

Tentu, ini merupakan kabar bahagia bagi setiap orang tua yang memiliki anak kecil dan belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 atau anak-anak yang memiliki rekam medis yang tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksin.

“Studi ini memverifikasi apa yang kita semua yakini,” kata Amit Kumar, PhD, ahli vaksin veteran, peneliti, ilmuwan, sekaligus CEO Anixa Biosciences, melansir Healthline.

Ia menjelaskan bahwa sementara anak-anak tidak terlalu rentan terhadap infeksi gejala terpapar COVID-19, mereka masih dapat membawa virus –seringkali dengan sedikit atau tanpa gejala.  Dengan memvaksinasi orang-orang di sekitar, maka kemungkinan anak-anak terpapar virus menjadi turun.

Spesialis penyakit menular dan direktur senior pengembangan vaksin di Altimmune, Dr. Sarah Browne mengatakan bahwa uji coba sebelumnya telah menunjukkan kemampuan vaksin untuk melindungi terhadap COVID-19.

“Mereka melihat hubungan antara tingkat vaksinasi dalam komunitas untuk melihat apakah ini berdampak pada tingkat infeksi yang diamati pada anggota komunitas yang tidak divaksinasi, dalam hal ini anak-anak, karena vaksin tidak diizinkan untuk mereka,” jelas Browne.

Untuk mendukung hipotesis mereka, para peneliti tersebut menemukan bahwa ketika tingkat vaksinasi meningkat, kasus positif COVID-19 mengalami penurunan.

Meski demikian, para ahli memperingatkan bahwa masih banyak yang belum kita ketahui tentang virus corona dan bagaimana penyebarannya. Itu berarti anak-anak masih berisiko sampai mereka bisa divaksinasi sendiri.

Dengan begitu, keluarga dan orang tua wajib tetap berhati-hati, meskipun mereka telah mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak menjadi ketentuan yang wajib dijalankan apabila ingin terlindungi dari COVID-19.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here