Habis liburan malas bekerja
Habis liburan malas bekerja

MATA INDONESIA, JAKARTA-Esok hari, semua masyarakat kembali melakukan rutinitas seperti biasa, yakni bekerja. Sebagian orang merasa berat menghadapi hari Senin, terlebih habis libur panjang seperti sekarang.

Beberapa studi menunjukkan hari Senin diibaratkan dengan rendahnya mood. Nah, ada beberapa hal yang bisa mengurangi rasa malas menghadapinya, berikut tips yang bisa dilakukan.

  1. Persiapkan sebelumnya

Ambil waktu untuk menyiapkan diri hadapi hari Senin, baik secara mental, fisik, maupun perlengkapan yamg dibutuhkan. “Saya merekomendasikan hari Minggu Anda mengecek jadwal untuk Senin dan siap menghadapinya, ini bisa mengurangi ketakutan menghadapi hari esok,” kata John Mayer, psikolog klinis.

  1. Mulai hari lebih awal

“Bagi mereka yang sulit untuk bertransisi dari akhir pekan ke hari Senin, bisa mencoba untuk bekerja lebih awal,” kata Sanam Hafeez, neuropsikologis di New York.

Hal ini akan membuat pikiran “terbangun” dan menyesuaikan dengan lingkungan pekerjaan. Jika sudah mulai bekerja dan Anda bisa fokus, mulailah dengan pekerjaan yang mudah berlanjut mengerjakan tugas yang lebih berat.

  1. Cari hal menyenangkan

“Untuk mengurangi rasa berat menghadapi hari Senin, Anda bisa membuat jadwal menyenangkan untuk dilakukan di hari tersebut,” ujar Becky Stuempfig, konsultan pernikahan dan terapis keluarga di California.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan misalnya menyiapkan sarapan atau makan siang favorit. Atau bisa juga dengan mengajak keluarga makan di luar. Bisa juga dengan mengajak teman berkumpul di hari Senin sehingga hari ini justru Anda nantikan.

  1. Hindari pikiran negatif

Pikiran negatif seringkali tidak berdampak pada kenyataan. Jadi begitu Anda tahu hal tersebut bukan bersandar pada kenyataan, pikiran buruk dan energi negatif itu akan hilang. Ganti kalimat “saya tidak bisa,” dengan “saya pasti bisa,!”.

  1. Batasi media sosial

Disarankan untuk membatasi pajanan media sosial di hari Minggu malam dan Senin pagi. Karena bisa memunculkan hal negatif. Mengingat orang banyak yang mengeluh beratnya menghadapi hari Senin di akun media sosial mereka.

  1. Manjakan diri

Tidak ada salahnya menjadikan hari Senin sebagai hari bermanja dengan melakukan satu hal yang Anda sukai bisa membuat sehat mental Anda.

Sederhana saja misalnya minum kopi dari cangkir favorit, jalan pagi 20 menit sebelum memulai hari. Seperti anak yang sedang sedih, Anda bisa mengelabui otak Anda dengan melihat hal yang disukai dan tidak fokus pada kesedihan atau ketakutan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here