Uninstall Whatsapp, Ramai Pindah ke Telegram

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – WhatsApp merupakan aplikasi paling banyak digunakan orang. Penggunanya sudah mencapai dua miliar yang tersebar di dunia. Karena kemudahannya untuk mengirim pesan, maka WhatsApp menjadi favorit banyak orang. Tetapi, beberapa waktu lalu, aplikasi Telegram juga mulai marak.

WhatsApp dan Telegram memiliki fitur yang mirip, tetapi Telegram lebih menarik dibandingan WhatsApp. Telegram memiliki lebih banyak kelebihan sehingga ini menarik perhatian orang. Berikut kelebihan Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp.

  1. Memiliki Keamanan yang Lebih Baik

Telegram banyak diakui orang karena sistem keamanannya yang lebih baik dan aman dibandingkan WhatsApp dalam menjaga privasi penggunanya. Telegram juga munggunakan teknologi ekripsi yang canggih, selain itu juga memiliki secret chat untuk keamanan tambahan saat chating.

  1. Kapasitas Grup yang Lebih Banyak

WhatsApp hanya mampu menampung maksimal 256 orang saja dalam satu grup, namun Telegram dapat memuat lima ribu orang dalam satu grup dengan menggunakan fitur Super Group.

  1. Dapat Bekerja Lebih Cepat

Bagi pengguna WhatsApp yang baru pertama kali menggunakan Telegram, kesan pertamanya adalah kecepatan saat beraktifitas dalam aplikasi ini. Telegram mampu menerima perintah penggunanya jauh lebih cepat. Karena Telegram berbasis Cloud untuk menjalankan aplikasinya.

  1. Ruang Penyimpanan yang Lebih Kecil

Karena menggunakan Cloud yang disertai dengan teknologi Cache, Telegram mempunyai kelebihan yang lebih hemat menyimpan ruang penyimpanan di ponsel. Penyimpanan history percakapan, teks, gambar, video, serta suara tidak akan memakan banyak memori perangkat.

  1. Berbagi File dengan Ukuran Lebih Besar

WhatsApp baru-baru ini memiliki fitur berkirim file menggunakan format PDF, tetapi Telegram sudah lebih dulu ada fitur ini. Tak hanya itu, WhatsApp hanya mampu mengirim file berukuran maksimal 100 hingga 128 MB saja, namun Telegram dapat mengirim file hingga 1,5 GB.

Tak hanya itu, Telegram dapat mengirim file lebih bervariasi, seperti gambar, video, PDF, doc, ZIP, MP3, dan lainnya.

  1. Mengirim File Asli atau Kompres

Saat mengirim foto di WhatsApp, ukuran, resolusi, serta kualitas foto akan mengecil secara otomatis. Namun, berbeda dengan Telegram, penggunanya dapat memilih ukuran yang ingin dikirimkan, dalam bentuk asli atau dikompres.

  1. Fitur Channel

WhatsApp tidak memiliki fitur channel seperti Telegram, fitur ini dapat memudahkan pengguna dalam berbagai informasi ke para pengikut. Dalam Channel hanya pemilik saja yang bisa membagikan pesan, video, dan gambar.

Dalam fitur ini juga tidak memiliki batasan jumlah pengikutnya. Channel juga dapat diakses dengan bebas.

  1. Fitur BOT

fitur ini ditambahkan Telegram untuk memudahkan penggunanya. BOT sendiri adalah aplikasi yang dijalankan oleh aplikasi, bukan orang yang dilengkapi dengan fitur Artificial Intellegence (AL) atau kecerdasan buatan.

BOT di Telegram dapat dibuat oleh siapa saja. BOT dapat melakukan apa saja, seperti BOT translate yang dapat menerjemahkan dengan berbagai bahasa. Selain, itu ada juga BOT game, bahkan bisa memainkan game bersama dengan pengguna lain, serta masih banyak lainnya.

  1. Bisa Memasukkan Beberapa Nomor Telepon Sekaligus

Telegram menyajikan penggunanya untuk dapat mengganti atau menambahkan nomor sekaligus tanpa mengkhawatirkan kehilangan kontak atau obrolan. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk memindahkan semua kontak ke nomor yang lain.

  1. Lebih Interaktif

Sticker pada Telegram dapat didukung dengan animasi, gambar sticker pun menggunakan grafis dengan kualitas tinggi. Tidak hanya itu saja, Telegram menyediakan bagi penggunanya untuk membuat sticker sendiri dan membagikannya ke pengguna lain.

Bila di WhatsApp harus men-download aplikasi lain untuk membuat sticker, namun untuk pengguna Telegram tidak perlu repot untuk itu, karena semuanya sudah tersedia di aplikasi ini.

Meskipun Telegram mempunyai segudang kelebihan, namun aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangannya.

  1. Tidak Ada Fitur Video Call

Telegram tidak mempunyai fitur ini seperti WhatsApp dan Line. Hal ini seperti terasa ketinggalan dibandingkan dengan aplikasi pesan lainnya. Mungkin, pihak Telegram tidak mau mengganggu privasi dari penggunanya. Namun, bisa saja di masa depan Telegram memasang fitur ini.

  1. Tidak Ada Fitur Story

Di saat aplikasi yang lain sudah melengkapi fiturnya dengan menambahkan story, namun Telegram tidak menyediakan. Mungkin saja, alasannya sama seperti yang di atas. Namun, tidak ada yang tahu mungkin saja nanti pihak Telegram akan menambahkan fitur ini.

  1. Fitur Voice Call Hanya untuk Personal

Voice call hanya bisa dilakukan secara personal, antara dua orang tidak lebih. Padahal, jika di WhatsApp dan Line, voice call bisa dilakukan tiga orang atau lebih.

Reporter: :Laita Nur Azahra 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini