Ultah ke-58, Ini 5 Alasan Kenapa Sri Mulyani Wajib Jadi Panutan Milenilal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Sri Mulyani Indrawati pasti sudah tidak asing lagi untuk kita, bukan? Tahu kan Kamu pada 26 Agustus ini Sri Mulyani ulang tahun yang ke 58 lho!

Sri Mulyani memang beberapa kali menjabat sebagai seorang Menteri. Selain itu, ia merupakan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008, lho.

Banyaknya prestasi yang diraih membuat Sri Mulyani menjadi inspirasi atau panutan para generasi muda. Nah, berikut 5 alasan kenapa Sri Mulyani wajib jadi panutan kaum milenial:

1. Jujur dan bertanggung jawab.

Sri Mulyani dikenal sebagai orang yang jujur, tegas dan disiplin. Sebagai seorang Menteri, tak jarang banyak mendapatkan tekanan politik dari berbagai pihak.

Terutama soal, adanya tawaran sana-sini yang menginginkan beliau untuk memihak kepada satu pihak. Meski begitu, ia dengan tegas memilih untuk berkata tidak, tetap mengikuti aturan dan menjalankan pekerjaannya dengan jujur, sesuai kebenaran yang ada.

Beliau juga diketahui sangat tegas dalam memerangi korupsi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari Kementerian Keuangan Indonesia yang berhasil menjadi kementerian paling tidak korup di bawah pimpinan ibu Sri Mulyani. Panutan banget kan!

2. Pribadi yang sederhana.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa menjadi Menteri memiliki banyak uang. Namun siapa sangka, Sri Mulyani tetap harus pandai-pandai mengatur biaya rumah tangga serta sekolah anak-anaknya..

Apalagi semasa anak sulungnya kuliah di Australia, wanita inspiratif Indonesia ini juga harus mengatur keuangannya sendiri semaksimal mungkin karena ada 2 anaknya lagi yang perlu dibiayainya. Terlebih, anak keduanya masuk kedokteran UI.

Walapun uang yang dimiliki semakin menipis, beliau dan suami tetap berusaha untuk membiayai semua bahkan kalau perlu bekerja tanpa henti.

3. Sukses di dunia internasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah berkiprah di dunia internasional. Jabatan tertinggi dari lembaga internasional yang pernah diembannya adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia atau World Bank.

Prestasinya ini cukup membanggakan kan! Dari karirnya di IMF itu lah dirinya mulai mengenal institusi IMF dan Bank Dunia. Untuk tugasnya di IMF kala itu adalah memperjuangkan suara-suara dari anggota IMF, terutama pada saat berbicara tentang program dan kebijakan yang mempengaruhi negara.

Sri Mulyani Pada tanggal 5 Mei 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia menggantikan Juan Jose Daboub, yang menyelesaikan empat tahun masa jabatannya pada 30 Juni.

Pada tahun 2016, ia ‘dibajak’ Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Kembalinya Sri Mulyani merupakan kejutan bagi banyak pihak dan dianggap sebagai salah satu langkah terbaik yang pernah diambil oleh Jokowi selama dia menjabat.

4. Gak pelit.

Kalau lihat Sri Mulyani nampaknya ia adalah sosok yang luar biasa, paket komplit pokoknya. Dan, yang paling penting dari semua kesuksesan yang diraihnya, Sri Mulyani dikenal sering berbagi ilmu.

Sri Mulyani memang sering sekali menjadi pembicara di berbagai acara seminar dan talk show. Beliau juga sempat aktif menjadi penasihat pemerintah bersama dengan sejumlah ekonom terkemuka lainnya dalam Dewan Ekonomi Nasional (DEN).

Kala bekerja di Amerika, Sri Mulyani juga tetap aktif menjadi pembicara di berbagai seminar internasional, lho. Saat menjabat sebagai menteri pun, ia masih menyempatkan diri menjadi dosen kuliah umum di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

5. Meski sibuk, tetap jalani perannya sebagai istri dan seorang ibu.

Kamu pasti tahu betul bagaimana sibuknya seorang Menteri. Apalagi, Sri Mulyani sekarang sedang dihadapi dengan persoalan perekonomian Indonesia yang cenderung menurun memang tak lepas dari pengaruh pandemi virus corona (COVID-19) yang berlangsung lebih dari empat bulan terakhir.

Di balik kesibukannya itu, ternyata beliau selalu menyempatkan diri pulang tepat waktu setiap malam untuk memasak dan makan bersama keluarganya. Tak hanya itu, ia juga selalu menjaga komunikasinya keluarga agar tetap terbuka dan transparan.

Wah, istri dan ibu idaman banget kan. Sri Mulyani menjadi sosok memang pantas untuk jadi panutan dari banyak generasi muda Indonesia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini