Kim Han Bin a.k.a B.I.

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mantang anggota sekaligus pemimpin dari idola K-Pop iKON hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-24 tahun atau 25 tahun sesuai dengan perhitungan kalender Korea. Saengil Chukhae B.I!

Sejak pergantian hari, penggemar sudah ramai memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada cowok yang memiliki nama asli Kim Han Bin itu. Bahkan, tagar #HANBIN berada di deretan teratas trending topic Twitter.

Tak hanya itu, banyak pula penggemar yang mengungkapkan rasa rindu kepada Hanbin yang kini jarang muncul ke publik. Kepergian B.I yang tiba-tiba dari iKON membuat penggemar sedih.

iKON juga dinilai tak hanya kehilangan pemimpinnya saja, tetapi juga salah satu penulis lagu mereka yang paling berbakat. B.I mulai menulis lagu untuk artis lain ketika dia masih menjadi trainee.

Berikut 10 lagu yang ditulis B.I untuk artis lain:

1. “Empty” WINNER (2014)

Setahun sebelum debut B.I di tahun 2015 di iKON, dia ikut menulis lirik untuk “Empty” dengan Mino WINNER, dan Bobby iKON. Dia juga ikut menulis musik dengan P.K. “Empty” adalah salah satu dari dua single dari album debut WINNER, S / S 2014.

2. Epik High “Born Hater” (2014)

“Born Hater” adalah single dari album studio Korea kedelapan Epik High, Shoebox. Selain tampil di lagu tersebut, B.I ikut menulis lirik dengan Tablo, Mithra, Lim Sungbin, Kim Jintae, Mino, dan Bobby. Dia menggubah musik dengan DJ Tukutz.

3. BLACKPINK “Whistle” (2016)

B.I ikut menulis lirik untuk “Whistle” dengan Teddy dan Bekuh BOOM untuk Square One. “Whistle” memenangkan beberapa penghargaan acara musik di Inkigayo dan M Countdown, dan masuk di peringkat 2 di tangga lagu “World Digital Song” Billboard.

4. PSY “Adegan Terakhir” (2017)

B.I dan PSY ikut menulis lirik untuk beberapa lagu di album PSY 2017 “4×2=8”, termasuk yang ini. “4×2=8”, album studio ketujuh PSY adalah yang terakhir dia produksi di YG Entertainment.

5. PSY “Bom” (2017)

B.I menulis lirik untuk “Bomb” di album “4×2=8” dengan J.Y. Park, PSY, Bobby. Dia juga menulis musik dengan J.Y. Park, PSY, Yoo Gun-hyung, dan Bobby.

6. “Autoreverse” PSY (2017)

Tablo, B.I, PSY, dan Epik High menulis lirik untuk lagu di album 4×2=8.

7. Lee Hi “No One” (2019)

Tahun ini, Lee Hi comeback setelah tiga tahun absen dengan EP 24°C-nya. Lirik untuk singel utama EP, “No One” ditulis bersama oleh B.I.

8. Lee Hi “1,2” (2019)

B.I juga ikut menulis lirik untuk 24°C “1,2” dengan Choi Hyunsuk dari TREASURE. Musik lagu tersebut disusun bersama oleh B.I dan Kang Uk Jin.

9. Eun Ji Won “Worthless” (2019)

Sebelumnya para penggemar mengajukan protes kepada agensi YG Entertainment, karena telah memenuhi nama B.I dari daftar produser dan pencipta lagu Eun Ji Won. Namun, akhirnya B.I akhirnya sebagai penulis dua lagu pada album terbaru Eun Ji Won di situs KOMCA (Asosiasi Hak Cipta Musik Korea).

10. Eun Ji Won “Sexy” (2019)

Tidak hanya lagu ‘Worthless’ seperti dugaan penggemar sebelumnya, B.I juga dicantumkan sebagai penulis lagu lainnya yang berjudul ‘Sexy’

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here