Olahraga rock climbing (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamu bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Mau coba jenis olahraga lain yang lebih menantang? Berarti kamu butuh olahraga ekstrem gaes.

Salah satu cabang olah raga yang mungkin hanya memiliki sedikit peminat adalah olahraga ekstrem. Jenis olahraga ekstrem dapat dilakukan di darat, udara atau bahkan perairan.

Khusus olahraga ekstrem, gak semua orang mau dan berani melakukannya karena risikonya yang cukup berat. Dibutuhkan kekuatan fisik maupun mental untuk mencoba olahraga ekstrem.

Tapi, jika kamu memiliki nyali lebih dan ingin mencoba macam-macam olahraga ekstrem sekali seumur hidup, nih simak sederet rekomendasi ekstrem yang bisa memacu adrenalinmu. Yuk simak!

  1. Rock Climbing
Olahraga rock climbing (pixabay)

Olahraga ini memang ditunjukkan bagi kamu yang gak takut akan ketinggian. Sebab, bukan dinding lagi yang akan kamu panjat, melainkan tebing curam nan tinggi dan menantang.

Jika kamu berniat melakukan olahraga ini, kamu harus memastikan bahwa peralatan memanjatmu sudah lengkap dan tidak bermasalah. Kamu juga harus siap dengan medan dan pijakan dari tebing itu. Jangan lupa, siapkan mental dan nyali juga ya.

2. Bungee Jumping

Olahraga bungee jumping (pixabay)

Gak kalah ekstrem, olahraga bungee jumping juga bisa sebagai pemuas hasrat buat kamu yang haus akan hal-hal menantang. Bungee jumping merupakan olahraga terjun bebas dari ketinggian. Olahraga ini biasanya dilakukan di atas jembatan yang tinggi dengan kondisi kakimu terikat pada tali yang elastis.

Saat hendak terjun, kamu akan merasakan degub jantung dan adrenalinmu yang terpacu. Rasa itu akan terus berlanjut sampai kamu sudah sampai di bawah. Sensasi menegangkan inilah yang membuat orang ketagihan untuk mencoba kembali olahraga ini.
3. Skydiving
Olahraga skydiving (pixabay)
Mau yang lebih menantang? Coba nih olahraga skydiving. Skydiving sering disamakan dengan terjun payung. Padahal berbeda loh.
Skydiving merupakan olahraga ekstrem dimana kamu terjun bebas dari udara dengan cara keluar dari pesawat. Kamu akan melakukan free fall selama kurang lebih satu menit dengan kecepatan lebih dari 100km/jam sebelum membuka parasutmu.
Namun, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam jika mau menikmati olahraga ekstrem ini. Dikutip dari sumber, biaya untuk olahraga ekstrem ini sekitar 5000 dollar AS atau sekitar Rp66,7 juta. Jadi, gak cuma olahraganya yang ekstrem, harganya juga menantang nyalli ya.
4. Rafting
Olahraga rafting (pixabay)
Buat kamu yang suka olahraga air tapi butuh yang lebih ekstrem, kamu bisa mencoba olahraga ini. Rafting sangat mengandalkan kemampuan bekerja sama untuk mengatur keseimbangan perahu di arus sungai yang deras.
Di Indonesia, olahraga ini akrab disebut dengan arung jeram. Saat melakukan olahraga ekstrem ini, kamu harus mengandalkan keterampilan dan kekuatan fisik untuk mendayung perahu. Rafting juga memerlukan kekompakan agar perahu tetap terjaga melawan derasnya arus sungai.
Nah, untuk spot rafting tersedia cukup banyak di Indonesia, seperti di Sungai Telaga dan Ayung di Bali atau Sungai Citarik, Jawa Barat.
5. Skateboarding
Olahraga skateboarding (pixabay)
Satu lagi olahraga ekstrem yang bisa kamu coba, ialah skateboarding. Melihat orang berseluncuran dengan papan kayu di jalan mungkin kelihatannya sederhana ya, namun risiko yang ditanggung oleh para skater ini cukup besar lho. Mereka perlu berlatih setiap saat untuk bisa melakukan trik-trik yang sulit.
Tentunya terjatuh ke aspal hingga patah tulang adalah risiko yang harus mereka tanggung. Namun, sensasi bisa melakukan satu gerakan tertentu yang sulit bisa jadi kepuasan tersendiri yang bisa kamu rasakan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here