Tugas Mulia Barli Asmara Sebelum Hembuskan Napas Terakhir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kabar duka datang dari desainer kondang Barli Asmara. Pria kelahiran 3 Maret 1978 itu menghembuskan nafas terakhir pada Kamis 27 Agustus 2020 karena sakit.

Dari postingan Instagram Story Barli Asmara, @barliasmara, yang diunggah sang adik, ia meninggal pukul 15.00 WITA di Bali. “Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya untuk alm,” bunyi kalimat terakhir di IG Story Barli.

Sementara itu, pada postingan terakhirnya yang menampilkan seorang wanita menggunakan pakaian karyanya, dibanjiri doa dan ucapan selamat tinggal dari para rekan artis dan netizen.

Misalnya saja aktris cantik Nina Zatulini, “Innalillahiwainnaillaihirojiun. ya Allah semoga husnul khotimah. Rest in peace ka barli?,” menggunakan akun ninazatulini22.

Kabar ini tentunya mengejutkan publik. Indonesia harus kehilangan salah satu putra terbaiknya dalam memajukan mode Tanah Air.

Sebelum meninggal, tak banyak yang tahu kalau Barli aktif melakukan kegiatan sosial. Ia menggalang dana untuk penanganan COVID-19 yang masih mewabah di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Ia bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan menyerahkan sekitar 30 koleksinya untuk lelang membantu korban pandemi COVID-19. Barli mengaku kalau baju-baju yang ia serahkan merupakan koleksi yang out of stock, alias selalu habis ketika dipajang di platform penjualan.

“Saya bersyukur di bidang fashion tidak begitu terpengaruh ya dengan adanya (pandemi) corona ini. Tidak seperti sektor-sektor lain yang merasakan impact -nya. Dari situ saya berpikir bahwa ini tanggung jawab saya juga,” ujarnya saat menyerahkan puluhan baju rancangannya kepada Dompet Dhuafa, Senin 13 Juli 2020 di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan.

“Ini koleksi saya yang selalu out of stock, dalam waktu yang singkat biasanya langsung habis. Di sini, teman-teman semua bisa beli produk rancangan saya ini di Dompet Dhuafa.”

Dalam penggalangan dana ini, ia juga menggaet desainer cantik Dian Pelangi di mana kolaborasi tersebut dinamakan ‘Pelangi Asmara.’

“Jadi dengan membeli produk ini, teman-teman otomatis berdonasi,” lanjut desainer berusia 42 tahun itu. “Saya tidak bisa memberi dengan cara yang khusus, seperti donasi dana dan sebagainya. Karena saya pembuat baju, jadi saya memilih mendonasikan baju saya melalui Dompet Dhuafa.”

Diketahui, Barli telah mendapatkan sederet penghargaan atas bakatnya di bidang fashion. Ia pernah diganjar The Best Choice Dewi Knights, AMICA Young Talented Designer Award, ELLE Designer of the year, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, dan Kartika Magazine Best Designer of The Year.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini