Tubuh Ideal Tanpa Operasi? Yuk Kenalan dengan Metode Coolsculpting

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki tubuh ideal dalam waktu singkat pasti memikat banyak orang, terutama bagi kaum hawa. Selain diet dan berolahraga, sebagian orang juga mengandalkan perawatan khusus untuk menghilangkan lemak di tubuh dengan cara coolsculpting atau kita mengenalnya dengan pangkas lemak.

Coolscupting atau juga dikenal dengan cryolipolysis merupakan prosedur pembentukan tubuh tanpa operasi. Ini termasuk salah satu cara untuk menghilangkan lemak yang berlebih di bawah kulit.Selama prosedur coolsculpting, ahli bedah plastik akan menggunakan alat khusus untuk membekukan sel-sel lemak yang ada di bawah kulit.Sel lemak yang membeku ini dalam beberapa minggu akan mati dan pecah secara alami. Akhirnya, sel lemak pecah akan mengalir keluar dari tubuh melalui organ hati.

Lantas keunggulan apa saja yang terdapat dalam metode coolsculpting?

Tidak seperti diet dan olahraga, yang butuh waktu agak lama untuk bisa berhasil. Coolsculpting benar-benar akan menghancurkan dan menghilangkan lemak berlebih yang ada di dalam tubuh dalam hitungan waktu yang sebentar.

Itu artinya, sel lemak yang sama tidak akan membandel membuat berat badan Anda kembali naik.Prosedur menghilangkan lemak tanpa bedah ini masih cukup baru dan hanya disetujui oleh Food and Drug Administration, setara dengan Badan POM di Amerika Serikat.Jumlah penelitian klinis yang mendukung metode ini juga masih relatif kecil. Namun, Zeltiq Aesthetics yang mengembangkan metode ini mengklaim bahwa coolsculpting dapat menurunkan jumlah sel lemak di dalam tubuh sebanyak 20 – 25 persen.

Selain lebih efektif, beberapa hal yang jadi keunggulan cryolipolysis yaitu tidak menimbulkan infeksi atau jaringan parut karena tidak melalui jalur pembedahan. Hasilnya terlihat alami karena lemak yang berlebih akan hilang secara bertahap.Metode ini juga dapat membantu orang dengan berat badan ideal yang ingin menghilangkan lemak di area tubuh tertentu. (sumber hallosehat)

Adakah efek samping jika melakukan coolsculpting?

Beberapa resiko jika melakukan coolsculpting yaitu :

  1. Muncul nyeri, kemerahan, dan bengkak pada area perawatan
  2. Muncul sensasi kulit seperti ditarik
  3. Hiperplasia adiposa paradoks (PAH/Biasanya ini terjadi pada pria dan menandakan bahwa sel-sel lemak yang harusnya mengecil malah jadi membesar.)

Jadi jika ingin melakukan metode coolsculpting konsultasikan oleh dokter dulu ya.

Reporter : Syifa Ayuni Qotrunnada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini