‘Trick or Treat’ Tradisi yang Menyenangkan Sekaligus Menyeramkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Perayaan Halloween identik dengan hal-hal yang menyeramkan, seperti labu kuning berwajah monster, dekorasi dengan gambar kelelawar, dan menggunakan kostum-kostum yang menyeramkan. Itulah yang akan dilihat jika perayaan Halloween tiba, orang-orang akan antusias menyambut perayaan ini.

Salah satu tradisi unik yang hanya ada diperayaan Halloween, yakni Trick or Treat. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh anak-anak yang menggunakan kostum yang menyeramkan dan anak-anak itu akan berkeliling dari rumah ke rumah untuk mendapatkan permen atau  coklat yang diberikan sang pemilik rumah.

Pada abad pertengahan, orang-orang Kristen saat itu berkeliling dari rumah ke rumah untuk menawarkan doa dan puji-pujian untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Kegiatan itu dinamakan ‘Souling’,  setelah pemberian doa dan puji-pujian pemilik rumah biasanya memberikan sajian makanan-makanan untuk mereka.

Ditahun 1840an, terjadi gelombang besar migrasi orang-orang dari Irlandia dan Skotlandia ke Amerika. Membuat tradisi Souling ini populer, serta terjadinya perubahan dari tradisi tersebut dan merubah namanya menjadi trick or treat. Dari tahun ke tahun, trick or treat membuat makna kereligiusannya menghilang karena perubahan zaman.

Selain itu, mulai muncul pesta kostum yang mengharuskan mereka menggunakan riasan dan pakaian yang menyeramkan. Hal itu dilakukann saat melakukan trick or treat dari rumah ke rumah.

Kostum yang digunakan lebih beragam dan menyeramkan. Kostum menyeramkan yang dipakai berguna untuk melindungi diri dari iblis yang menjelma menjadi diri dari orang yang sudah meninggal.

Kini, trick or treat menjadi tradisi yang disukai Anak-anak. Mereka akan menggunakan kostum-kostum yang menyeramkan dan unik untuk melakukan trick or treat.

Kostum yang digunakan pun beragam bentuk dan rupanya. Dari yang lucu, unik hingga yang menyeramkan. Setelah menggunakan kostum, anak-anak membawa keranjang dan mulai berkeliling dari rumah ke rumah.

Saat mengunjungi setiap rumah, anak-anak akan mengucapkan kata trick or treat kepada sang pemilik rumah. Kemudian sang pemilik rumah harus memilih salah satu dari trick or treat.

Selain itu, setiap pemilik rumah akan menaruh sajian seperti makanan dan minuman di luar rumahnya, sebagai sajian untuk roh yang sudah meninggal. Sajian itu juga bisa diambil sepuasnya oleh anak-anak yang sedang berkeliling.

Ternyata trick or treat menyeramkan sekaligus menyenangkan ya. Jangan lupa untuk menyediakan sajian-sajian yang manis saat trick or treat dan kostum yang menyeramkan untuk dipakai saat Halloween.

Reporter: Adinda Putri Nur Afifah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini