Ilustrasi (pexels)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Belakangan ini banyak sekali video viral sekelompok orang yang berlomba-lomba pamer harta hingga tempat berkumpul. Mereka merasa menjadi orang paling mampu dan bergelimang harta, hingga tak mengizinkan kalangan bawah untuk berteman dengan mereka.

Sifat angkuh dan sombong memang sering melekat pada seseorang, apalagi jika mereka memiliki kelebihan di antara yang lainnya. Mereka seolah lupa kalau di atas langit masih ada langit.

Karenanya, kita perlu mengerti bahwa sifat tersebut snagat dibenci Allah SWT. Sebab, hanya Dia-lah yang pantas sombong karena hanya Dia pemilik alam semesta beserta isinya. Kita harus selalu sadar, manusia hanya makhluk kecil dan tak ada yang pantas untuk disombongkan.

Maka, biar hati kita selalu dilindungi Allah SWT dari sifat tak terpuji itu, hendaklah selalu mengingat Allah dan berdoa agar tak terjerumus pada sifat sombong dan angkuh.

Doa agar terhindar dari sifat sombong:

Allahuma ahyini miskinan, wa amitni miskinan, wahsyurni fi zumratil masakin.

“Ya Allah hidupkanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati dan matikanlah aku dalam keadaan khusyu dan rendah hati dan kumpulkanlah aku (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yang khusyu dan rendah hati”. (HR Tirmidzi).

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here