Tren Baru Para Miliarder, Frugal Living alias Hidup Hemat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernah mendengar istilah frugal living? istilah hidup hemat merupakan gaya hidup yang banyak diterapkan miliarder, sosialita dan orang-orang kaya baik dalam maupun luar negeri.

Kekayaan yang bisa mencapai miliaran hingga triliunan rupiah tidak membuat para orang tajir mudah menghabiskan harta yang mereka miliki. Namun, mereka memilih untuk hidup sederhana dengan menerapkan frugal living.

Bersumber dari Instagram Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), banyak artis dunia, musisi, hingga CEO dan miliarder menerapkan gaya hidup ini. Frugal living adalah hidup berhemat dan ada beberapa orang yang menerjemahkannya sebagai hidup berhemat Next Level.

Minimalis

Gaes mungkin penasaran, siapa saja artis atau miliarder yang memilih hidup sederhana, alih-alih menghamburkan uang yang mereka miliki. Pesohor dunia yang menerapkan gaya hidup frugal di antaranya Warren Buffett, Mark Zuckerberg, Ed Sheeran, Lady Gaga, Keanu Reeves, Sadio Mane, dan Leonardo DiCaprio.

Di dalam negeri, artis berbakat Cinta Laura menerapkan gaya hidup berhemat ini. Selain Cinta, ada Amanda Manopo, Angela Gilsha, dan Desi Anwar yang menerapkan frugal living.  Penulis sekaligus YouTuber terkenal Raditya Dika juga masuk dalam daftar artis dalam negeri yang menjalani hidup hemat. Menurutnya, gaya hidup seperti ini disebut dengan gaya hidup minimalis.

Tips Frugal Living

Banyak orang yang mengira frugal living berarti pelit atau kikir. Menurut LPDP, pelit dengan hidup berhemat sama sekali tidak sama. Berhemat dalam gaya hidup ini berarti menunda kesenangan untuk mempersiapkan rencana masa depan. Mempersiapkan masa depan tidak selalu tentang menabung uang, juga rencana-rencana lainnya.

Gaya hidup frugal sangat pas diterapkan terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. Jika Anda ingin memulai menjalani frugal living, berikut ini tips menerapkannya.

  • Rencana keuangan yang adaptif

Tidak ada yang pasti di dunia ini terlebih dalam kondisi pandemi. Banyak hal menjadi fluktuatif sehingga membuat masyarakat kesulitan terutama dalam hal pendapatan.  Karenanya segala macam rencana keuangan harus beradaptasi dengan keadaan yang ada. Seperti contohnya adalah mengurangi kegiatan berkumpul atau hangout bersama teman.

  • Mengendalikan diri

Salah satu musuh terbesar saat akan memulai frugal living adalah kurang pengendalian diri. Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan diri sehingga “lapar mata”. Hal ini memicu keinginan untuk berbelanja berlebihan.  Prioritaskan kebutuhan terutama yang utama dibandingkan keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa hidup lebih hemat.

  • Beli barang berkualitas

Menjalani gaya hidup frugal tidak berarti Anda membeli barang-barang yang murah tanpa mempedulikan kualitas. Saat akan membeli sesuatu, utamakan kualitas barang yang akan Anda beli. Mungkin harga cukup mahal, tetapi jika kualitasnya bagus, barang bisa bertahan lama.  Dengan cara ini, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan tidak membeli barang yang sama karena bisa bertahan cukup lama.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini