Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Pancaroba

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di musim pancaroba, masyarakat perlu mempersiapkan kesehatan tubuh lebih ekstra. Pasalnya, rentan diserang penyakit.

Masa pancaroba biasanya ditandai dengan meningkatnya frekuensi angin yang cukup kencang, debu bertambah banyak, hujan tak menentu, hingga cuaca yang tiba-tiba terik dan tiba-tiba hujan. Cuaca yang tak menentu ini akan berdampak pada terganggunya daya tahan tubuh manusia.

Berikut ini ada beberapa tips ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim pancaroba yang dikutip dari channel Youtube Sehat Secara Alami:

1. Makan Dengan Nutrisi Seimbang

Makanlah makanan yang mengandung gizi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan memenuhi nutrisi seimbang setiap hari, tubuh akan terasa fit dan bugar, serta tidak mudah terserang penyakit.

2. Perbanyak Minum Air

Jangan sampai kita kekurangan cairan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh menjadi rentan mengalami dehidrasi. Minumlah air putih sebanyak delapan gelas sehari dan hindari konsumsi minuman yang bersoda, tinggi gula, atau kafein.

3. Tidur Dan Istirahat Yang Cukup

Salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Kualitas tidur yang baik minimal 6 jam dan kurangi tidur larut malam. Saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik. Dengan berolahraga justru akan membuat daya tahan tubuh kamu akan semakin kuat dan tetap sehat di musim pancaroba.

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan, khususnya di musim pancaroba. Terkadang kuman beberapa penyakit seperti bakteri, virus, jamur atau parasit akan mudah menempel pada kotoran dan debu di dalam rumah.

Reporter: Gilang Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini