Tips Mengobati Virus Corona Ringan di Rumah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Virus corona masih mengintai dunia. Kendati vaksin COVID-19 telah ditemukan dan banyak negara begitu masif dalam program vaksinasi, menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan.

Sebab semua orang berpeluang terinfeksi virus corona, pun ia yang sudah mendapatkan suntikan vaksinasi virus corona tetap harus waspada. Di Israel misalnya, sebanyak 240 warga yang telah disuntik vaksin corona bahkan dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 (3/1).

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab seseorang terinfeksi virus corona, meski baru beberapa hari divaksinasi. Salah satunya adalah karena sudah terpapar virus beberapa hari sebelum divaksin.

Sebagai informasi, kekebalan tubuh terhadap virus corona tidak bisa langsung terbentuk setelah divaksin. Misalnya pada vaksin corona buatan Pfizer-BioNTech, kekebalan tubuh baru bisa terbentuk 12 hari setelah disuntik vaksin.

Lantas bagaimana bila Anda terinfeksi virus corona? Bagaimana cara mengobatinya bila Anda enggan pergi ke rumah sakit rujukan dan hanya berada di rumah?

Apabila Anda tidak memiliki penyakit bawaan dan tidak memiliki gejala, Anda dapat mengobati infeksi virus corona ringan di rumah. Yang perlu Anda lakukan adalah memantau gejala Anda dan mengelolanya dengan bantuan obat-obatan, olahraga, dan makanan bergizi, melansir Times of India.

Gejala paling umum dari virus corona

Virus corona baru membawa gejala yang berbeda dan bervariasi. Meskipun daftarnya terus bertambah dan bertambah, gejala yang paling umum tetap sama. Oleh karena itu, sebelum bergegas ke rumah sakit, penting untuk menemukan gejala virus corona dan kemudian menjalani tes virus. Berikut adalah beberapa gejala virus corona paling umum yang harus Anda waspadai.

– Demam

– Batuk kering

– Sakit tenggorokan

– Hidung berair dan tersumbat

– Nyeri dada dan sesak napas

– Kelelahan

– Infeksi saluran cerna

– Hilangnya indera penciuman dan perasa

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak menunjukkan gejala

Jika Anda telah melakukan kontak dengan orang yang positif virus corona, tetapi tidak memiliki gejala yang terkait dengan penyakit tersebut, yang terbaik adalah memeriksakan diri Anda. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki gejala yang terlihat, Anda masih merupakan pembawa infeksi dan dapat membahayakan nyawa orang lain. Jika hasil tes Anda positif, lakukan isolasi mandiri dan jangan berhubungan dengan siapa pun sampai laporan Anda negatif.

Bisakah COVID-19 diobati di rumah?

Gejala COVID ringan tidak memerlukan perhatian medis dan dapat dirawat di rumah. Setelah Anda melihat tanda-tanda infeksi virus Corona, Anda harus mengisolasi diri Anda setidaknya selama satu pekan sampai Anda pulih dan terus memantau gejala Anda. Orang yang berisiko lebih tinggi terkena infeksi parah atau kritis termasuk orang tua dan orang dengan sistem imun lemah.

Perawatan di rumah untuk COVID-19

Kebanyakan orang yang dites positif terkena virus menderita gejala ringan atau asimtomatik, yang dapat dirawat di rumah. Perawatan ditujukan untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi. Tetap terhidrasi selama infeksi Anda adalah yang paling penting. Selain itu, Anda harus beristirahat dengan baik pada saat-saat seperti itu. Pereda nyeri yang diresepkan dapat meringankan gejala Anda.

Namun, jangan minum obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda. Cari nasihat medis dan jangan panik! Penting untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan minum cairan yang kaya antioksidan.

Kapan harus mencari pertolongan medis?

Jika gejala Anda terus memburuk, Anda harus mewaspadai gejala darurat ini.

– Kesulitan bernapas

– Nyeri dada yang terus-menerus

– Kebingungan mental

– Bibir kebiruan

– Ketidakmampuan untuk tetap terjaga

Bagaimana cara melindungi orang lain jika Anda sakit?

Saat Anda dinyatakan positif terinfeksi virus corona, jangan lalai! Isolasi diri Anda segera di ruangan yang berventilasi baik dan bersihkan lingkungan Anda. Hindari kontak dengan orang lain dan jangan berbagi ruang atau barang-barangbersama. Kenakan masker setiap saat dan sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini