Ilustrasi insomnia (doc: hellosehat.com)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masing-masing orang memiliki aktivitas dalam kesehariannya. Banyak yang bekerja hingga larut malam hingga tidak bisa tidur.

Ada pula yang aktivitasnya sedikit tetap sulit untuk tidur. Padahal istirahat pada tubuh sangat diperlukan agar menjadi sehat dan bugar.

Sulit tidur pada malam hari juga dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Misalnya menjadi kurang fokus, emosian, dan badan menjadi lemas.

Jika saat ini kamu mengalami sulit tidur dalam jangka waktu yang panjang dan mengganggu aktivitas, maka kamu telah mengalami insomnia. Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Sungadi Santoso yang kerap dipanggil dr. Sung dalam kanal youtube SB30 Health.

Menurut data dari Google Knowledge Graph bahwa di Indonesia terdapat kurang lebih 2 juta kasus insomnia atau sulit tidur per tahunnya. Insomnia yang berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pencernaan seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Kemudian dapat menyebabkan penyakit kronis, cemas berlebihan, bahkan mengakibatkan kecanduan obat-obatan.

Cara mengatasi sulit tidur yang bisa dilakukan berdasarkan channel youtube SB30 Health adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan yang Sebenarnya (Real food)

Mengatasi sulit tidur yang pertama dengan mengkonsumsi makanan yang sebenarnya atau real food. Makanan tersebut yaitu makanan tanpa proses pengolahan, tanpa diberi pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Makanan yang dimaksud meliputi buah-buahan, sayur-saturan segar, dan biji-bijian yang baik untuk kesehatan.

Kemudian tips dari dr. Sung adalah jangan makan 3 jam sebelum tidur. Jadi 3 jam sebelum tidur, kamu sudah harus berhenti makan.

Karena jika terlalu kenyang akan membuat kamu sulit untuk tidur. Rasa kenyang akan membuat sulit berbaring dan terasa sesak di dada jika terlalu kenyang.

2. Melakukan Meditasi

Biasanya ketika ingin tidur pikiran manusia berkeliaran atau memikirkan sesuatu seperti kejadian hari ini, masalah yang terjadi, dan pikiran-pikiran lainnya. Hal ini bisa membuat kamu sulit untuk tidur. Maka dari itu meditasi sejenak bisa dilakukan agar menjernihkan pikiran sebelum tidur.

3. Mengkonsumsi Suplemen

Tips ketiga dari dr. Sung adalah bisa dengan mengkonsumsi suplemen-suplemen seperti kalsium, magnesium, vitamin B kompleks dan vitamin E. Suplemen-suplemen ini dapat membantu tubuh menjadi lebih relaksasi dan dapat membantu tidur lebih baik di malam hari.

4. Melakukan Olahraga

Lakukanlah olahraga setip hari selama 30 menit dan lakukan minimal 3-5 kali per minggu. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh menjadi lebih baik, tingkat stress menurun, dan bisa terlelap lebih baik pada waktu malam hari.

Pada beberapa orang, mereka tak mengkonsumsi oabt-obatan. Hanya dengan berolahraga saja sudah bisa membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Hal yang Perlu Dihindari

Tips yang terakhir dari dr. Sung adalah hal-hal yang perlu dihindari agar tidak insomnia atau sulit tidur. Yang pertama adalah hindari konsumsi obat-obatan yang membuat terjaga di malam hari. Contohnya seperti obat diet, obat darah tinggi seperti Beta-blocker, anabolic steroid, ephedrine, dan sebagainya.

Maka dari itu sebelum mengkonsumsi obat-obatan lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter. Mungkin saja salah satu dari obat-obatan yang kamu konsumsi mempengaruhi pola tidur kamu, sehigga mengalami insomnia.

Kemudian makan-makanan yang berkafein seperti kopi, teh, soda dan cokelat sebaiknya dihindari. Karena jika dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur, justru dapat membuat kamu terjaga di malam hari.

Pada malam hari tubuh melakukan proses pemulihan diri atau recovery setelah beraktivitas seharian. Tubuh membutuhkan istirahat untuk meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Maka dari itu jika menginginkan tubuh yang sehat, jangan memaksakan tubuh untuk bekerja tanpa istirahat. Istirahat yang cukup akan membuat mood menjadi good mood.

Reporter: Ananda Sri Maulida

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here