Tips Mengahadapi Kemacetan Agar Tetap Aman di Jalan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mobilitas yang tinggi di kota – kota besar, sering menjadi alasan terjadinya kemacetan pada jam sibuk, saat pergi atau pulang kantor yaitu di pagi hari dan sore hari.

Beban pekerjaan yang menumpuk membuat beberapa orang ingin cepat sampai rumah, namun karena kemacetan yang tidak dapat dihindarkan mengakibatkan perjalanan pulang menjadi terhambat. Stres di jalan sudah menjadi rutinitas para pengendara, lalu bagaimana cara mengatasi stres saat terjebak dalam kemacetan?

  1. Mendengarkan Musik

Ketika kamu terjebak dalam lalu lintas, kamu tidak pernah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Hal ini akan menyebabkan stres, jadi mengapa tidak mencoba mengambil kesempatan yang disediakan lalu lintas untuk mendengarkan sesuatu yang menenangkan?

Kamu bisa mendengarkan lagu favorit sambil bernyanyi, kamu juga bisa membaca buku favorit. Melakukan sesuatu yang santai akan memungkinkan untuk mendapatkan waktu pribadi yang mungkin tidak dimiliki.

2. Sistem Ventilasi Kendaraan Harus Diperhatikan

Pastikan sebelum berkendara, karet-karet (di jendela-Red) kendaraan bagus, exhaust-nya benar. Kalau tidak saat berhenti karena macet kaca diturunkan. Memang konsekuensinya ada di masalah keamanan saat kaca dibuka, oleh karena itu saat orang buka kaca harus hati-hati menghadapi kriminal.

3. Matikan AC

Macet berjam-jam, disarankan untuk mematikan Air Conditioner (AC) dan mesin. Karena mesin bisa overheat, terutama untuk mobil 2 tahun ke atas. Kecuali kalau macetnya itu stop and go, ya tidak perlu matikan mesin.

4. Merenggangkan Badan

Saat macet panjang menghampiri dikala kita mudik, disarankan untuk pengendara keluar dari mobil melakukan perenggangkan badan, biar kembali segar.

5. Persiapkan keperluan keluarga dalam kabin

Disarankan setiap pengendara sebelum mudik untuk persiapkan logistik yang layak. Seperti menggunakan kaos yang sejuk, celana pendek, atau bahan yang tidak berlebihan. Selanjutnya siapkan makanan kecil buat anak-anak dan penumpang lainnya, serta mainan anak-anak agar tidak rewel saat macet.

Reporter : Firda Padila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini