Tips Memilih Bahan Tambahan Overnight Oat, Bisa Bikin ‘Si Buncit’ Hilang Loh!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Punya masalah dengan perut buncit? Bingung cara menghilangkannya? Tenang, cobalah konsumsi overnight oat secara rutin.

Overnight oat atau oat yang direndam semalaman dengan susu, atau bisa juga yogurt, adalah makanan yang belakangan ini tengah populer sebagai menu diet sehat. Selain bikin kenyang, cara mengolahnya yang gampang menjadikan menu ini pilihan tepat untuk yang sedang berjuang meraih tubuh ideal.

Dengan menu overnight oat, kamu juga gak perlu lagi ribet menghidangkan menu sarapan karena telah disiapkan sejak malam. Pokoknya, overnight oat gak bakalan bikin susah deh, yang ada malah tubuh kamu sehat walafiat.

Memilih Bahan Tambahan yang Aman untuk Overnight Oat

Benar sih, overnight oat bisa bantu kamu turunkan berat badan. Tapi, kalau salah menambahkan bahan, bisa-bisa berat badan malah semakin naik. Nah, coba deh resep overnight oat sederhana dengan tambahan bahan yang aman ini.

1. Tambahkan Susu Rendah Lemak

Ilustrasi susu (foto: Healthline)

Duh, kamu gak perlu ribet deh dalam menyajikan overnight oat, yang penting tubuh sehat kan? Nah, salah satu tambahan bahan yang aman untuk overnight oat adalah susu rendah lemak. Tapi, jangan salah pilih susu fullcream ya, yang ada nanti kalori di tubuhmu semakin menumpuk. Bukannya langsing, malah makin buncit. Ingat, gunakan susu rendah lemak.

2. Topping Buah Segar

Stroberi dan mangga (ilustrasi)

Saat overnight oat siap dihidangkan, kamu bisa tambahkan topping dari buah segar, seperti stroberi atau potongan mangga. Dijamin, overnight oat kamu akan terasa lezat dan sehat.

3. Selai sebagai Pengganti Buah

Selai (ilustrasi)

Kalau tidak ada buah segar, kamu bisa pakai selai untuk bahan tambahan pada overnight oat. Tapi, dengan catatan selainya harus yang tak banyak mengandung gula. Kamu bisa gunakan selai cokelat, atau selai rasa buah.

4. Kacang-kacangan sebagai Sumber Lemak Baik

Almond dan Walnut (ilustrasi)

Tak ada buah, kacang-kacangan juga boleh. Tapi, jangan salah pilih kacang ya, paling tidak harus kacang almond atau walnut. Soalnya, dua kacang ini merupakan sumber lemak baik, jadi diet kamu gak bakal sia-sia. Kamu bisa juga gunakan chia seeds karena mengandung banyak serat, ataupun quinoa yang kaya akan protein dan vitamin.

Bukti Overnight Oat Lebih Sehat dari Oat Masak

Mengutip beberapa sumber, ada perbedaan antara overnight oat dengan oat masak dari segi kandungan nutrisi.

Disebutkan bahwa oat akan kehilangan banyak nutrisi setelah melalui proses masak, terutama jika diolah dalam suhu yang terlalu panas.

Sebagai catatan, semangkuk oat masak mengandung sekitar 166 kalori, 6 gram protein, 4 gram lemak dan 28 gram karbohidrat. Adapun kandungan lainnya yakni 4 gram serat, atau setara 16 persen rekomendasi konsumsi harian.

Tapi, beda lagi dengan semangkuk overnight oat. Kandungan nutrisinya lebih banyak, yakni 307 kalori, 11 gram protein, 5 gram lemak dan 55 gram karbohidrat, dengan kandungan serat sebanyak 8 gram atau 33 persen rekomendasi konsumsi harian.

Makanya, para pakar kesehatan lebih menyarankan kamu mengkonsumsi overnight oat, terutama sebagai menu diet sehat. Nah, bagaimana? Rasanya jadi ingin cepat-cepat coba aneka resep overnight oat, bukan?

Kalau kamu sedang mencari makanan sehat seperti oat dan lainnya, jangan lupa juga untuk cek makanan-makanan sehat untuk diet dengan harga murah di Shopee karena ada diskon khusus Shopee 12.12 Birthday Sale.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini