Kamis, Desember 9, 2021

Tips Masak Sayur Tanpa Menghilangkan Kandungan Gizinya, Yuk Simak!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayuran pada umumnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Apalagi, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, yang merupakan pertahanan pertama tubuh terhadap virus dan penyakit seperti flu dan virus corona.

Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang ingin dimasak. Setelah itu, Anda perlu memotong sayuran dengan ukuran yang sama agar tingkat kematangannya merata.

Selanjutnya, Anda akan memilih metode memasak berdasarkan masakan yang akan Anda buat. Entah mengukus, merebus, atau menumis, setiap teknik memiliki pengaruh masing-masing terhadap kualitas gizi sayuran.

Di bawah ini tips memasak sayuran agar zat gizi di dalamnya tidak hilang yang bisa Anda terapkan.

  1. Cuci sayuran dengan air yang mengalir

Sebelum mulai memasak, Anda perlu mencuci sayuran. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun sisa pestisida pada sayuran yang dapat merugikan kesehatan.

Cuci sayuran dengan air mengalir, bukan dengan merendamnya. Merendam sayuran hanya akan menghilangkan vitamin B kompleks dan vitamin C yang larut air. Gunakan air bersuhu suam-suam kuku, sebab suhu panas bisa merusak vitamin C.

  1. Perhatikan suhu, waktu, air saat memasak sayuran

Cara masak sayur yang benar yaitu dengan memerhatikan suhu, waktu, dan jumlah air yang Anda gunakan. Waktu memasak yang terlalu lama dan suhu yang terlalu tinggi dapat menghilangkan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3 sebanyak 60 persen.

Selain itu, vitamin C pada sayuran dapat rusak bila terlalu lama terkena air. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengolah sayuran dengan cara dikukus. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teknik ini bisa menjaga kandungan vitamin C sebesar 80%.

  1. Potong sayuran dengan ukuran yang besar

Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak zat gizi yang akan hilang saat proses masak. Pastikan Anda memotong sayuran dalam bentuk yang cukup besar. Jika sayuran tersebut berukuran kecil, Anda pun bisa memasaknya dalam kondisi utuh.

  1. Pilih metode memasak yang sesuai

Metode atau cara memasak juga menentukan banyaknya zat gizi yang hilang. Setiap jenis hidangan mempunyai cara memasak tersendiri, tapi ada baiknya Anda memilih cara yang mempertahankan lebih banyak kandungan gizi sayuran. Dengan memilih cara memasak sayuran yang tepat, Anda bisa mendapatkan zat gizi dalam jumlah yang optimal.

Reporter : Firda Padila

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Terungkap, Apple dan Cina Teken Kontrak Rahasia Bernilai Triliunan Rupiah!

MATA INDONESIA, BEIJING – Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook diketahui menandatangani kesepakatan rahasia bernilai multi-miliar USD dengan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini