(Foto: Money Under 30)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernikahan bukan hanya sekadar janji antara dua orang yang saling mencintai untuk sehidup semati. Lebih dari itu, pernikahan menuntut perubahan tanggung jawab, kebiasaan, preferensi, dan yang terpenting adalah keuangan.

Setelah Anda menikah, maka ‘sektor perekonomian’ Anda akan mengalami perubahan yang signifikan. Pasalnya, Anda dan pasangan tentu memiliki rencana masa depan, seperti membeli rumah, investasi, sekolah anak, dan kendaraan pribadi.

Sederet rencana dengan pasangan ini akan memengaruhi perubahan gaya hidup Anda. Dan rencana keuangan yang terorganisir adalah cara yang baik untuk memulai masa depan Anda dan pasangan.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa hal mengenai manajemen keuangan yang harus diketahui oleh setiap pasangan pengantin baru.

Pahami motivasi uang satu sama lain

Komunikasikan secara terbuka dengan pasangan Anda tentang kebiasaan Anda menggunakan uang. Ceritakan struktur keuangan keluarga Anda secara teratur. Menjadi transparan tentang masalah pengeluaran adalah kunci untuk tetap berpikiran terbuka dalam berbagai situasi yang berpotensi menjadi pertengkaran dan perselisihan. Jika pasangan Anda memiliki riwayat belanja berlebihan, maka diskusilah dan cari jalan keluar.

Rencanakan tujuan keuangan

Menyusun rencana keuangan yang konstruktif memudahkan mitra untuk mengkomunikasikan pemikiran dan pendapat pasangan Anda tentang cara membelanjakan dan menghemat uang untuk kebutuhan.

Diskusikan aspek perencanaan masa depan Anda dan kerangka anggaran yang diperlukan untuk itu, seperti rumah yang lebih besar atau dana yang sepenuhnya didedikasikan untuk tabungan darurat.

Menjaga aset

Kedua pasangan mungkin akan memiliki aset dan kewajiban dari keluarga mereka sendiri yang sekarang akan dipertahankan dalam pernikahan mereka. Ini mungkin termasuk mobil, investasi perkebunan, pinjaman atau bahkan hutang.

Bersikap jujur ​​dan terbuka tentang aset akan membantu Anda berdua untuk bertindak sesuai dengan itu, dengan rencana keuangan yang terorganisir dengan baik. Ini selanjutnya akan mendukung tujuan dan prioritas keuangan Anda.

Gabungkan keuangan

Beberapa pasangan rela menggabungkan pendapatan berdua, sementara lainnya memilih memiliki deposito terpisah. Menggabungkan rekening bank dan laporan pajak akan membantu Anda berdua untuk mendaftarkan rekening seimbang di mana Anda berdua berkontribusi sama dan juga membagi semua pengeluaran.

Ini tidak memungkinkan adanya ketidakberpihakan atau penipuan dalam hal apa pun karena kedua mitra bekerja sama untuk mencapai tujuan keuangan yang sama.

Menetapkan anggaran dan asuransi

Mengikuti kerangka anggaran bulanan akan membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mengikuti kerangka kerja yang terorganisir. Melacak pengeluaran dan tabungan adalah cara terbaik untuk membangun kesamaan tujuan keuangan. Anda dan pasangan juga harus menyiapkan investasi kesehatan, perkebunan, dan lainnya untuk rencana masa depan atau pensiun.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here