Tips Dekat dengan Anak, Bisa Ajukan 7 Pertanyaan Ini Sebelum Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjadi orangtua yang baik tentu menjadi impian bagi setiap orang. Pastinya, semua orangtua juga akan senang jika mengetahui banyak hal tentang anaknya.

Bahagia rasanya jika orangtua bisa terhubung dengan anak-anak mereka dari hati ke hati. Sang anak pun bisa terbuka tentang perasaan, impian, dan ketakutan mereka.

Masalahnya, tidak mudah bagi orangtua untuk membangun hubungan yang terbuka dengan mereka. Inilah mengapa banyak ibu menggunakan waktu tidur sebagai kesempatan sempurna untuk terlibat dengan anak-anak mereka secara lebih mendalam.

Berikut 7 pertanyaan yang bisa diajukan ibu untuk berhubungan dengan anak-anak mereka tepat sebelum waktu tidur:

“Apa bagian favorit Kamu hari ini?”

Pertanyaan ini memungkinkan anak-anak Kamu untuk menghidupkan kembali perasaan mereka ketika memikirkan bagian favorit mereka hari ini. Ini meningkatkan perasaan gembira dan memberi anak kesempatan untuk merefleksikan saat-saat bahagia sehari sebelum mereka menutup mata.

“Siapa orang paling baik yang Kamu kenal dan mengapa?”

Mendorong anak Kamu untuk berpikir tentang kebaikan tepat sebelum tidur pada akhirnya akan membangun kebiasaan bagi mereka untuk mencari kebaikan pada orang lain. Dengan sengaja mencari kebaikan akan membuat anak Kamu menyadari potensinya untuk bersikap baik dalam hidup. Ini juga mendorong anak-anak Kamu untuk memikirkan kebaikan dan akan memunculkan lebih banyak sisi baik mereka sendiri.

“Apa bagian terburuk dari harimu?”

Menentukan momen yang tepat dalam hari yang membuat anak Kamu merasa sedih adalah sesuatu yang perlu dipraktikkan oleh setiap orangtua. Ini akan menciptakan hubungan yang lebih saling percaya antara Kamu dan anak-anak, memungkinkan mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka, bahkan untuk hal-hal yang tidak ingin mereka bicarakan.

Tidak apa-apa untuk membicarakan hal-hal negatif. Meski seperti pilihan yang buruk, tidak bertanggung jawab, atau tidak hormat, karena semua itu adalah hal nyata dalam hidup yang pasti akan terjadi pada mereka.  Dan memandu mereka melewati saat-saat buruk itu akan membantu Kamu mengajari mereka cara yang lebih baik untuk menangani situasi serupa di masa mendatang.

“Apa yang membuatmu merasa aman hari ini dan apa yang tidak?”

Mempelajari semua hal yang membuat anak Kamu merasa aman akan membantu Kamu sebagai orang tua mengetahui cara membangun harga diri dan kepercayaan diri mereka. Selain itu, mempelajari hal-hal yang tidak membuat mereka merasa aman akan mendorong anak-anak Kamu untuk datang kepada Kamu dan membuka diri tentang hal serupa di masa mendatang.

“Apakah Kamu memiliki pertanyaan tentang hari ini?”

Pada usia dini, anak-anak secara alami memiliki banyak pertanyaan. Ini mendorong mereka untuk berbagi rasa tidak aman dan pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki tentang bagian tertentu dari hari itu akan membantu Kamu membangun hubungan yang lebih saling percaya dengan mereka.

Mempraktikkan kebiasaan ini akan memungkinkan Kamu membangun “ruang aman” dengan mereka karena mereka akan lebih mungkin menghubungi Kamu dengan pertanyaan lain yang mungkin mereka miliki.

“Hal apa yang membuatmu marah hari ini?”

Anak Kamu mungkin berjuang dengan sesuatu yang membuatnya marah, tetapi Kamu mungkin tidak mengetahuinya jika tidak menanyakannya secara langsung. Jadi, meminta mereka untuk terbuka tentang hal-hal yang membuat mereka marah akan membantu mereka belajar cara mengekspresikan emosi pada usia dini.

“Apa hal terbaik yang kamu lakukan untuk seseorang hari ini?”

Meskipun mereka tidak melakukan sesuatu yang baik untuk siapa pun pada hari itu, dengan berulang kali mengajukan pertanyaan ini sebelum tidur, anak-anak Kamu akan terstimulasi untuk melakukan sesuatu yang baik tentang seseorang di masa depan dan berbagi pengalaman mereka dengan Kamu.

Apakah Kamu punya cara sendiri untuk membuat anak-anak denganmu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini