Tips Ampuh untuk Keluarkan Air yang Masuk ke Telinga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kemasukan air dalam telinga tentu membuat tak nyaman dan membuat pendengaran tak jelas. Hal ini bisa dialami siapa saja usai mandi atau berenang.

Dilansir dari Health Me Up, berikut sejumlah cara mudah untuk mengeluarkan air dari bagian dalam telinga.

Menggunakan Garam dan Kain
Sediakan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Setelahnya, letakkan garam tersebut dalam kain katun.

Letakkan kain tersebut di dekat lubang telinga dan biarkan selama beberapa menit. Cara ini bisa membantu garam menyerap air di dalam telinga.

Miringkan Kepala
Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala hingga sejajar dengan lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan ke bagian telinga yang kemasukan air.

Tekankan telapak tangan dengan lembut ke lubang telinga yang kemasukan air, kemudian lepas dengan cepat. Ini akan membuat tangan berubah menjadi vakum sementara yang membantu mengisap air keluar. Setelah air keluar sedikit demi sedikit, kamu bisa menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga.

Pencet Hidung
Tutup mulut dan pegang hidung dengan tangan. Kemudian ambil napas panjang dan keluarkan udara melalui lubang hidung.

Cara ini akan mengatur tekanan udara dan membuat saluran eustachian. Hal ini bisa mengurangi rasa tak nyaman pada telinga yang kemasukan air.

Menggunakan Hair Dryer
Kamu juga bisa menggunakan pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan air dalam telinga. Pegang pengering rambut sekitar 25 cm di depan telinga, atur panas paling rendah dan kecepatan angin yang rendah.

Setelah itu nyalakan dan biarkan anginnya masuk ke telinga, biarkan selama beberapa detik. Ulangi hingga telinga terasa benar-benar lega.

Bawang Putih
Hancurkan beberapa siung bawang putih dan ambil saripati di dalamnya. Ambil sekitar dua sampai tiga tetes sari bawang putih, kemudian masukkan dalam telinga yang kemasukan air.

Tunggu selama beberapa menit, kemudian keringkan telinga menggunakan pengering rambut seperti cara nomor tiga. Ini akan mengeringkan air dalam telinga sekaligus menghilangkan rasa sakit akibat kemasukan air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini