Tips Ampuh Atasi Bullying di Lingkungan Sekolah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Bullying adalah perbuatan yang dilakukan dengan cara merendahkan martabat seseorang. Bullying itu bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui cara fisik, verbal, dan perbuatan tak layak. Sering kita mendengar banyak kasus bullying di Indonesia.

Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), jumlah laporan anak yang menjadi korban kekerasan di sekolah sepanjang tahun 2015 mencapai 147 kasus, dengan total di tahun 2014 ada 159 kasus.

Dampak dari bullying banyak anak yang mengalami depresi bahkan pada akhirnya memutuskan untuk bunuh diri karena tidak tahan dengan bullying teman-teman di sekolahnya. Nah, berikut bagaimana cara mengatasi Bullying di sekolah, diantaranya:

1. Buktikan kalau kita itu lebih hebat dari mereka

Setiap manusia pasti lemah. Tetapi, di mata pembully kita memang lemah. Sesungguhnya, jika kita memiliki kelebihan dan bisa membuktikan kalau lebih hebat daripada mereka. Misalnya, pintar metematika, jago bulutangkis, dan lain-lain. Dengan begitu, mereka akan sadar kalau mereka sesungguhnya mempunyai kelemahan.

2. Usaha bangkit dari diri sendiri

Jika kita ingin bebas dari bullying, semuanya dimulai dari diri sendiri. Mengapa? Sebab jika kita tidak mencari cara untuk bangkit dari bullying tersebut, kita akan terus dikekang oleh orang yang menyakiti diri kita.

Jika kita tidak bisa meakukannya, siapa lagi yang ingin menolong kita? Ada benarnya juga, jika kita ingin bebas dari bullying, perlu seorang teman. Tetapi, lebih baik bangkit dari bullying dari inisiatif diri sendiri.

3. Berani melaporkannya ke orang tua atau guru

Jika dibully, lebih baik minta bantuan kepada orang tua atau guru. Agar, kita bisa terbuka apa yang terjadi. Jangan menutupi apa yang terjadi dengan diri kita. Karena itu hanya akan memperburuk masalah dan membuat menjadi takut bergaul dengan orang lain. Lebih baik terbuka dengan orang yang kita percaya seperti guru, orang tua, atau sahabat curhat kita.

4. Jangan mencoba mengakhiri hidup

Ini sangat penting! Jangan mencoba mengakhiri hidup. Mengapa? Sudah mendapatkan dosa, mengecewakan orang tua, dan pembully itu puas dengan apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri.

Jadi, jangan mencoba mengakhiri hidup. Selesaikan dengan cara yang baik dan berkonsultasi dengan orang yang kita percaya agar mendapatkan jalan keluar untuk mengatasi masalah yang di alami.

5. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kesabaran dalam menghadapi masalah. Tuhan melihat apa yang mereka perbuat dan memberi mereka hukuman yang setimpal dengan kita. Tuhan mengasihi kita agar bisa melewati masalah dan membuat tersenyum.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini