Tips Amankan Akun WhatsApp dari Peretas Kelas Kakap

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer di dunia. Diketahui, penggunanya pun sudah mencapai lebih dari dua milliar.

Gak cuma untuk chattingan, WhatsApp juga jadi tempat untuk mengirim dan menerima berbagai unggahan mulai dari foto, video hingga dokumen.

Nah, populernya aplikasi ini membuat WhatsApp kerap menjadi target utama para peretas untuk menggunakan berbagai taktik licik untuk melakukan tindakan kriminal. Bisa saja, foto hingga dokumen pribadimu diretas oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Tapi, kamu gak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi akun WhatsAppmu dari para hacker kelas kakap. Yuk simak caranya.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang menambahkan lebih banyak keamanan ke akun WhatsApp.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini kamu bisa mulai dengan membuka WhatsApp, kemudian buka pengaturan, lalu pilih akun, kemudian pilih Verifikasi dua langkah, dan aktifkan.

2. Gunakan Fitur Pemindai Wajah

Jika menggunakan WhatsApp pada iPhone yang menjalankan iOS 9 atau lebih baru, kamu dapat mengaktifkan Touch ID atau Face ID untuk mengamankan akun WhatsApp mu.

Untuk mengaktifkan Face ID atau Touch ID, buka Pengaturan WhatsApp dan Ketuk Akun Privasi kemudian Kunci Layar.

Nyalakan Memerlukan ID Sentuh atau Memerlukan ID Wajah. Kamu dapat memilih berapa lama WhatsApp dapat berada dalam mode siaga sebelum Touch ID atau Face ID diperlukan.

3. Matikan Back Up Cloud.

Meskipun mencadangkan obrolan ke Cloud dapat berguna untuk memulihkan obrolan jika kamu kehilangan ponsel, pesan ini tidak dilindungi melalui enkripsi secara menyeluruh. Ini berarti penegak hukum dapat meminta Google atau Apple untuk mengakses obrolan kamu yang dicadangkan.

Nah untuk mematikan cadangan Cloud, buka Pengaturan WhatsApp> Obrolan> Cadangan Obrolan> Auto Backup, dan matikan.

4. Matikan Tanda Terima Telah Dibaca.

Terakhir, mematikan tanda dibaca bisa menjadi cara yang baik untuk melindungi privasi kamu di WhatsApp.

Untuk mematikan tanda dibaca, buka Pengaturan> Akun> Privasi dan nonaktifkan Tanda Terima telah dibaca. Menurut sumber, hal ini bisa membantu untuk mengamankan akun WhatsApp mu dari peretas. Jadi WhatsApp bisa aman digunakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini